BANGKINANG - Harga sejumlah bahan kebutuhan pokok meningkat, terutama cabai merah yang menembus angka Rp 90 ribu/kilogram. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya pasokan dari Sumatera Barat.

Emi, warga Bangkinang kepada GoRiau.com mengungkapkan, harga cabai merah di Pasar Inpres Bangkinang mencapai Rp 90 ribu/kilogram. Menurut pedagang kata Emi kenaikan harga ini biasa terjadi karena meningkatnya permintaan masyarakat menjelang hari raya. Selain itu pasokan cabai dari beberapa daerah penghasil mengalami gangguan karena faktor cuaca seperti di Batu Sangkar.

Sementara itu harga cabai di Pasar di Desa Tanjung- Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar juga melambung cukup tinggi mencapai Rp 75 ribu hingga Rp 85 ribu/kilogram. Novi, salah seorang ibu rumah tangga ketika berbelanja di Pasar Desa Koto Masjid-Pulau Gadang mengungkapkan, harga cabai merah pekan lalu berkisar diangka Rp 54 ribu/kilogram.

"Ada yang harganya Rp75 ribu perkilogram tapi kurang bagus kualitasnya, kalau yang bagus Rp80 ribu,'' ungkap Novi.

Dia menambahkan, kenaikan harga juga terjadi pada bawang. Hari ini bawang mencapai Rp 36 ribu/kilogram, sementara pekan lalu Rp 24 ribu/kilogram.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kampar Drs M Amin Filda kepada wartawan baru-baru ini mengungkapkan bahwa pihaknya tetap akan memantau perkembangan harga kebutuhan pokok namun pada hari biasanya selalu ada pendataan dan pengawasan harga barang. ***