RENGAT - Selain air terjun di kawasan TNBT (Taman Nasional Bukit Tigapuluh), Danau Raja di Kecamatan Rengat dan Danau Meduyan di Kecamatan Rengat Barat, ternyata Kabupaten Indragiri Hulu, Riau masih menyimpan objek wisata yang tidak kala menarik untuk dikunjungi.

Objek wisata itu dinamai dengan Air Terjun Tembulun. Objek wisata alam tersebut berada di Dusun Sungai Arang, Kelurahan Pengkalan Kasai, Kecamatan Seberida dengan jarak tempuh dari Kota Belilas ibu kota Kecamatan Seberida hanya sekitar 20 menit.

Disana, pengunjung yang datang bisa mandi dan berenang sepuasnya. Kondisi alam disekitar objek wisata itu masih terlihat asri, ditambah lagi suara kicauan burung dan gemuruh air terjun terasa sayang untuk dilewatkan.

Ijam, pengelola objek wisata Air Terjun Tembulun kepada GoRiau.com menyebutkan, lokasi itu baru dibuka dan mulai dikelola sejak tahun 2012 silam.

Akan tetapi, walau wisata di kampungnya itu sangat indah dan menarik untuk dikunjungi, namun belum terjamah dan tertata oleh pemerintah, serta belum terekspos dengan baik.

Padahal, setiap hari libur terutama saat libur akhir pekan, objek wisata alam itu sudah sering dan cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan. Baik yang berasal dari Inhu maupun dari luar kabupaten.

"Lokasinya sangat bagus, jarak tempuh juga dekat. Namun, penataan dan pengelolaannya yang masih harus diperbaiki," ungkapnya.

Selain itu, akses jalan menuju objek wisata itu juga perlu perbaikan, apa lagi kondisi medannya curam. Walau demikian, saat ini kendaraan para pengunjung tetap bisa masuk hingga kelokasi.

Untuk tiket masuk, pengelola tidak memungut biaya. Hanya saja, biaya yang dipungut adalah uang parkir kendaraan. Tarifnya, Rp10.000 untuk sepeda motor dan Rp30.000 untuk mobil.

"Dari hasil uang parkir inilah kami membangun lokasi ini secara beransur-ansur. Termasuk untuk perawatan jalan," pungkas Ijam.*** #Ingin Tahu Berita INHU Selengkapnya, Klik Disini