RENGAT - Bupati Kabupaten Indragiri Hulu, Riau H Yopi Arianto melaksanakan sholat Idul Adha 1437 H bersama ratusan masyarakat Kecamatan Kuala Cenaku, Senin (12/9/2016). Sehabis menunaikan ibadah sholat ied di halaman kantor camat tersebut, bupati langsung menyerahkan bantuan satu ekor Sapi kurban.

"Sejak periode pertama saya menjabat sebagai Bupati Inhu, setiap melaksanakaan sholat Idul Adha, saya selalu berkeliling ke kecamatan. Dan alhamdulilah, untuk Kecamatan Kuala Cenaku, ini merupakan tahun pertama saya melaksanakan sholat ied. Hal ini tentunya demi kepentingan masyarakat," ujar Bupati Inhu H Yopi Arianto dalam sambutannya sebelum sholat ied dimulai.

Terkait perayaan hari raya Idul Adha ini, hendaknya masyarakat dapat menjadikan hal ini menjadi momentum untuk terus menguatkan semangat persatuan dan kesatuan antar sesama serta lebih meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT.

"Selain untuk meningkatkan iman dan takwa, pesan dari berkurban itu sendiri adalah mengajarkan kita untuk mencintai sesama, saling tolong menolong dan saling memberi yang pada akhirnya bermuara pada semangat persatuan dan kesatuan. Maka, maknai dan resapilah indahnya berkurban itu sendiri," terangnya.

Masih katanya, Pemkab Inhu sejauh ini telah melakukan beberapa pencapaian termasuk pelaksanaan tahapan penyusunan beberapa Ranperda (Rancangan Peraturaan Daerah) menjadi Perda bersama DPRD Inhu. Diantaranya, Perda RPJMD 2016/2021, Perda perangkat daerah serta Perda pengelolaan air minum dan sanitasi.

Pada kesempatan itu pula, Yopi kembali mengajak seluruh lapisan masyarakat Inhu untuk selalu waspada dalam upaya pencegahaan Karlahut (kebakaran lahan dan hutan) serta ancaman terhadap konflik sosial.

"Mari sama-sama kita jaga ketertipan dan keamanan daerah ini. Jalinlah hubungan baik antara sesama agama serta antar umat beragama," pungkasnya.

Sepulang menunaikan ibadah sholat ied, Bupati Inhu itu bersama rombongan langsung bertolak menuju arena venue panjat tebing yang berada di Komplek Kantor Bupati Inhu guna meninjau langsung proses penyembelihan hewan kurban.

Sedikitnya ada 27 ekor hewan kurban atas partisipasi seluruh SKPD yang disembelih dilokasi itu. Daging hewan kurban tersebut dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan termasuk karyawan cleaning service dan sopir yang bertugas di lingkungan Pemkab Inhu.***