RENGAT - Setelah sekian lama mati suri dan tidak melayani penerbangan perintis, kini Bandara (Bandar Udara) Japura yang menjadi kebanggan masyarakat Kabupaten Indragiri Hulu itu kembali menggeliat.

Sejak hari ini, Rabu (14/2/2018), Bandara Japura secara resmi membuka rute penebangan perintis jurusan Japura-Batam. Dan dalam waktu dekat, pihak Bandara juga akan membuka rute penerbangan Japura-Padang.

"Alhamdulillah, hari ini secara resmi Bandara Japura yang menjadi kebanggaan kita semua, kembali beroperasi melayanai penerbangan komersil," kata Asisten Administrasi Pemerintahan, H Asriyan, usai acara pembukaan rute penerbangan itu.

Untuk rute penerbangan yang telah dibuka yaitu, Japura-Batam. Dan jadwal penerbangannya, adalah setiap hari rabu. Jadwal keberangkatan Japura-Batam pada, 10.25 WIB, dan Batam-Japura pukul, 08.50 WIB.

"Saat ini, jadwal penerbangan baru 1 hari dalam seminggu. Jika memungkinkan, kedepan pihak bandara tentu akan menyesuaikan, dan hal itu tentunya melihat jumlah permintaan penumpang itu sendiri," jelas Asriyan.

Dengan demikian sambung Asriyan, dirinya menghimbau kepada semua pihak, terutama pihak perusahaan swasta untuk bersama-sama memajukan dan menghidupkan rute penerbangan tersebut.

"Mari secara bersama-sama kita hidupkan rute penerbangan ini. Jika rute ini sukses dan berjalan lancar, sehingga kedepan Bandara ini hidup dan membukan rute penerbangan lain," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bandara Japura Mohamad Kurniawan menyebutkan, untuk melayani rute penerbangan Japura-Batam tersebut, begitu juga sebaliknya, akan menggunakan maskapai Susi Air.

"Saat ini, maskapai yang akan melayani rute penerbangan tersebut adalah, Susi Air. Dan saat ini, kita juga tengah mengajukan izin kerjasama dengan maskapai Wings Air. Nantinya, Wings Air ini akan melayani rute penerbangan Japura-Padang.(Jef)