PEKANBARU - Dalam selang tiga hari saja, PT Perkebunan Nusantara V telah menyalurkan lebih dari Rp1,6 milar untuk puluhan UKM yang ada di Kota Pekanbaru dan Kabupaten Indragiri Hulu. Dari keseluruhan bantuan, kurang lebih Rp1,1 miliar diterima oleh UKM yang ada di Inhu.

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Komersil PTPN V Mohammad Yudayat melalui Kepala Bagian Umum Badran Zai, di Kantornya, Senin (29/08/2016). ''Minggu lalu, hanya dalam tiga hari saja, yakni Selasa (23/08) dan Jumat (25/08), kita sudah menyalurkan bantuan kepada UKM binaan Perusahaan yang ada di Kota Pekanbaru dan kota Indragiri Hulu, melalui Dana Program Kemitraan dengan nilai mencapai Rp1.650.000.000,'' ujar Badran.

Dijelaskan, sedikitnya ada 69 UKM yang mendapat bantuan dengan rincian 19 UKM dari Kota Pekanbaru dan 50 UKM dari Inhu. ''Ada 19 UKM Pekanbaru yang menerima bantuan Dana Program Kemitraan sebesar Rp485.000.000 dan untuk UKM di Rengat sekitarnya itu berjumlah 50 orang dengan jumlah bantuan Rp1.165.000.000,'' sebutnya.

Seperti halnya kegiatan penyerahan bantuan dana kemitraan yang sering dilakukan oleh perusahaan, pada momen pemberian dana program kemitraan, perseroan juga melaksanakan penyuluhan kepada UKM dengan menghadirkan dinas koperasi setempat.

''Penyuluhan dan penyerahan dana program kemitraan PTPN V ini tidak hanya dihadiri oleh peserta mitra saja, tetapi juga dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi. Di Pekanbaru kita laksanakan di kantor pusat, sedangkan di Inhu digelar di PPKR Bukit Selasih. Saat penyerahan untuk UKM Kota Pekanbaru, Kadiskop Pekanbaru Hj. Neng Elida SE, juga turut hadir,'' kata Badran lagi.

Dijelaskan Badran, dalam hal Bantuan Dana Program Kemitraan, team Koperasi Kota Pekanbaru akan turun untuk mengawasi dan mengontrol mitra-mitra yang telah di sumbangkan pinjaman dana. ''Semoga dengan tambahan supervisi dari Dinas Koperasi, penggunaan dana benar-benar tepat guna untuk keperluan yang telah diajukan pada proposal, dan tentunya usaha dari UKM dapat berkembang dengan maksimal,'' harapnya. ***