RENGAT- Guna meningkatkan pengetahuan dan mutu para petani yang ada di Desa Pekan Heran, Kecamatan Rengat Barat, Indragiri Hulu, Riau, Pemdes (Pemerintahan Desa) Pekan Heran gelar bimbingan dan pelatihan terhadap kelompok tani yang ada di desa itu.

Bimbingan dan pelatihan yang digelar yaitu terkait budidaya tanaman pangan holtikultura dan perkebunan kelapa sawit.

Kegiatan yang dipusatkan di Aula Kantor Desa Pekan Heran itu diikuti oleh dua Poktan (kelompok tani) yang beranggotakan 55 orang, yaitu Tuah Kuantan dan Pengeran Bestari, Kamis (28/7/2016).

"Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjadikan para petani di Desa Pekan Heran sebagai petani sukses dan mandiri," ujar Raja Fauzi dalam sambutannya selaku ketua pelaksana kegiatan.

Sebelumnya, Kades Pekan Heran Muhammad Miftah dalam sambutannya menegaskan agar para peserta untuk serius mengikuti jalannya acara. "Kegiatan ini untuk para petani, maka ikuti dan resapi materi yang nantinya akan disampaikan oleh para pemateri," sebutnya.

Setelah kegiatan ini, diharapkan kepada poktan yang menjadi peserta dapat memahami dan mengaflikasikannya dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan dilapangan.

"Kedepan, petani harus bisa lebih maju, mandiri dan sukses. Baik sukses dalam cara bertani maupun sukses hasil pertanian itu sendiri. Dengan bertani, petani bisa mengangkat taraf ekonominya sendiri," tegasnya.

Diakhir sambutannya, pria yang akrap disapa Ucok itu mengucapkan terimakasih kepada panitia pelaksana dan semua pihak yang telah membantu baik moril maupun dalam mensukseskan kegiatan ini, pungkasnya.

Pelatihan tersebut dibuka secara resmi oleh Nurdjanah, SP sekalu Camat Rengat Barat, beberapa tokoh masyarakat dan Bhabinkamtibmas Desa Pekan Heran Bripka Arif Sanjaya.

Sedangkan narasumber dalam kegiatan itu adalah Ir. Munawar Damanik yang juga selaku GM PT. Teso Indah dan Sri Heri Adyono SP yang juga PPL Desa Pekan Heran.***