RENGAT- Selama 27 hari kedepan, terhitung sejak Kamis (28/7/2016), 38 calon anggota Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) Kabupaten Indragiri Hulu, Riau mulai menjalankan latihan.

Bertempat di Gedung Sejuta Sungkai Regat, pembukaan pelatihan tersebut ditandai dengan penyematan topi dan tanda peserta oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Inhu Isdjarwadi kepada perwakilan calon anggota Paskibra.

Dalam arahannya, Isdjarwadi menyampaikan bahwa bagi yang terpilih menjadi calon anggota Paskibra, diharapkan mampu menunjukan kualitas, etika yang baik serta wawasan kebangsaan yang luas.

Selain itu, selama mengikuti latihan, anggota harus bisa menjaga kekompakan dan kesehatan fisik. Sehingga, pelaksanaan upacara dan pengibaran bendera saat peringatan HUT ke 71 RI nanti dapat berjalan lancar, sukses dan khidmat, tegas Isdjarwadi.

Sebelumnya, Kepala Disporabudsata Inhu, Armansyah dalam laporannya menyebutkan, jumlah calon anggota paskibra tahun 2016 ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya 30 orang.

"Tahun ini, jumlah calon anggota paskibra Inhu kita tingkatkan menjadi 38 orang. Pasukan delapan kita bentuk menjadi dua tim, yakni pasukan delapan pengibaran bendera dan pasukan delapan untuk penurunan bendera," jelasnya.

Untuk pelatihan dasar baris berbaris dan pelatihan fisik, akan dilaksanakan di Stadion Narasinga yang merupakan lokasi pelaksanaan upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI ke 71.

Sedangkan untuk pelatihan yang bersifat non fisik, nantinya akan dilaksanakan di ruangan belajar Wisma Embun Bunga yang merupakan menjadi tempat penginapan para peserta tersebut.

Untuk instruktur atau pelatih sambungnya, pihaknya menyiapkan tiga orang pelatih dari Kodim 0302 Inhu, tiga pelatih dari Polres Inhu, satu petugas Dinas Kesehatan, tiga orang petugas dari Purna Paskibra, satu orang guru kesenian dan 7 orang narasumber, pungkasnya.***