PEKANBARU - Aparat Polsek Tampan, Kota Pekanbaru - Riau, mengamankan tiga orang pengedar Narkoba jenis Sabu. Satu diantaranya adalah wanita. Komplotan ini diketahui punya cara berbeda dan terbilang baru dalam melakoni bisnis haramnya, yakni dengan sistem barter.

Ketiganya, antara lain berinisial AP dan istrinya MS serta seorang wanita lagi berinisial CT. Mereka ini satu jaringan pengedar yang kerap melakoni bisnis haramnya di Kota Pekanbaru. Pengakuannya, sudah setahun belakangan aktivitas jual beli Narkoba tersebut dilakukan.

Tidak hanya menerima uang tunai, ketiganya juga menawarkan sistem barter kepada pembeli. Jadi Sabu-sabu tersebut bisa ditukar dengan barang berharga, misalnya jam, Handphone hingga sepeda motor. Tak main-main, 52 unit handphone dan beberapa sepeda motor turut disita.

Kapolsek Tampan Kompol Kari Amsah Ritonga saat ekspose Jumat (19/1/2018) siang menuturkan, ketiganya ditangkap, setelah jajarannya melakukan pengembangan yang berawal dari informasi masyarakat. Penyamaran (Under Cover Buy) pun dilakukan untuk memancingnya.

"Pertama kita tangkap yang perempuan ini. Kita temukan satu paket kecil Sabu. Dikembangkan lagi sehingga berhasil mengamankan AP. Dari dia kita dapatkan sepaket Sabu harga Rp6 juta. Pengakuannya barang itu dipasok dari CP yang turut kita amankan. Total seluruhnya 23,73 gram," sebutnya.

Kapolsek Tampan yang didampingi Wakapolsek dan Kanitnya melanjutkan, barang haram tersebut diakui mereka didapat dari seseorang berinidial DN, asal Dumai. Kini jajarannya tengah memburu yang bersangkutan dan sudah ditetapkan sebagai DPO (Daftar Pencarian Orang).

Diakui Kompol Kari Amsah Ritonga, mereka juga kerap melakukan barter untuk transaksi Narkoba tersebut. Selain puluhan handphone yang dijadikan barang bukti, pihaknya juga menyita satu pucuk senjata api jenis air soft gun, berikut dengan pelurunya.

"Kita amankan juga sekitar delapan unit sepeda motor, lalu ada suratnya juga. Kita akan kembangkan lagi, apakah mereka terlibat kriminalitas lainnya, sebab saat penggeledahan dilakukan, kondisi sepeda motor yang ditemukan dalam kondisi rusak konci kontaknya karena Kunci T," pungkas dia. ***