PEKANBARU - Cuaca di Provinsi Riau belakangan ini sangat terik, menyebabkan munculnya titik panas (hotspot) yang berpotensi terjadinya kebakaran lahan dan hutan (Karhutla). Kepolisian pun dibuat berjibaku keluar masuk medan berat untuk memadamkan api, sambil membawa peralatan pemadaman.

Salah satunya di Kabupaten Rohil, Provinsi Riau. Wilayah ini memang dikenal sangat rawan terjadi Karhutla. Benar saja, pada Sabtu (21/10/2017), aparat mendapat informasi adanya Karhutla di Kecamatan Rimba Melintang, dan tim pun diturunkan, dipimpin langsung oleh Kapolres AKBP Sigit Adiwuryanto.

Selain kepolisian, pemadaman juga melibatkan Koramil 05 Rimba Melintang dan regu Damkar (Pemadam Kebakaran) hingga Satgas Udara dengan melibatkan helikopter. Beratnya medan serta minimnya sumber air di lokasi kebakaran lahan membuat upaya pemadaman sulit dan melelahkan.

Itu diperburuk dengan kencangnya tiupan angin, membuat api dengan mudah menyebar membakar lahan tersebut. Jika tidak segera, maka sijago merah akan semakin meluas dan menimbulkan asap tebal. Sejak Sabtu pagi, upaya pemadaman telah dilakukan dan berlangsung hingga sore.

Di balik seluruh upaya itu, ternyata ada cerita menyentuh yang menuai pujian Netizen. Berawal dari sebuah foto yang diposting oleh akun Polisi_Indonesia, di mana saat itu Kapolres Rohil AKBP Sigit jadi imam Shalat Dzuhur di tengah-tengah aktivitas pemadaman Karhutla.

Dalam waktu singkat, foto yang diposting tersebut sudah mendapat hampir 3 ribu like dari Netizen. Tak sedikit pula yang berkomentar dan memujinya, karena tidak meninggalkan shalat meski sedang bertugas, bahkan ditengah rimba yang jauh dari pemukiman masyarakat.

"Sabtu, 21 Oktober 2014 Kapolres Rokan Hilir (Rohil) AKBP Sigit Adiwuryanto saat memimpin Sholat Dzuhur di tengah kepulan asap dan serangkaian proses pemadaman Karlahut di Rimba Melintang, Rokan Hili," posting akun Polisi_Indonesia dalam foto tersebut.

Dalam foto yang diposting itu, tampak Kapolres dan beberapa orang anggotanya melaksanakan Shalat dengan beralaskan sajadah dan kertas karton bekas air mineral. Disekelilingnya terdapat semak belukar, yang jadi target pemadaman Karhutla.

Sejumlah Netizen pun berkomentar, seperti akun aneuidawidia misalnya, ia menanggapi dengan memberikan emote jempol dengan tulisan 'Subhanallah', seperti halnya dengan akun bambangsuryanto62. Lalu akun alwindy_suhadi yang menulis 'Semangat pak pol', serta akun uyun_saefullah yang menulis 'Allahu akbar, semoga sll dalm lindungan allah swt, amiin'.

Kemudian ada juga yang melontarkan pujian, seperti misalnya pemilik akun yusr31388, 'Saya mkin salut sama Polri. terus profesional,' tulisnya. Selain komentar, juga sudah ada 2.973 like yang diberikan oleh Netizen di akun Instagram Polisi_Indonesia tersebut. ***