PEKANBARU - Enam dari tujuh pesawat Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI-AU unjuk kemampuan dihadapan ratusan warga Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Minggu (26/3/2017) siang. Mereka bermanuver tepat di atas Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin.

Beberapa formasi terbang dipamerkan pilot handal tersebut, mulai dari terbang sejajar, terbang mirror dengan satu pesawat dalam keadaan terbalik, melingkar dan terbang silang. Itu membuat ratusan penonton histeris.

Mereka berteriak melihat detik-detik keenam pesawat ini melakukan manuver. Wajah penonton juga tampak tegang sesaat, yang diiringi tepukan tangan setelahnya. Manuver berdurasi sekitar 20 menit itu membuat masyarakat sangat puas.

Kenapa tidak, manuver yang dilakukan pilot handal itu berjarak sangat dekat, bahkan sekilas seperti hampir saling menabrak. Namun apa yang dilakukan pilot JAT itu sudah dilatih dan tidak instan begitu saja. Bahkan pilotnya juga rata-rata instruktur penerbang.

Selain atraksi udara, ratusan masyarakat juga disuguhi show pesawat tempur, sehingga bisa melihat dari dekat Alutsista handal milik TNI AU, khususnya Lanud Roesmin Nurjadin. Tak ingin menyia-nyiakan kesempatan langka, mereka pun berfoto-foto.

GoRiau.com sempat mengabadikan atraksi dari JAT tersebut dalam video di atas. Anda yang tidak berkesempatan datang, bisa melihat serunya manuver ciamik oleh Jupiter Aerobatic Team tersebut. ***