PEKANBARU - Kondisi aset Bandara Tempuling, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, terbengkalai tanpa kemajuan. Melihat kondisi itu, Dinas Perhubungan ( Dishub) Provinsi Riau semakin semangat mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil untuk menyerahkan bandara itu kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI untuk dikelola.

"Sekarang kita sedang inventarisir aset, setelah itu baru penyerahan aset. Kita sudah bicarakan dengan pihak terkait, pak Menhub dan pak Gubernur juga sudah setuju,"ungkap Kadishub Riau, Rahmad Rahim kepada GoRiau.com, Senin (8/8/2016) di Pekanbaru.Nanti setelah aset-aset diinventarisir oleh Pemkab Inhil, semua pihak akan duduk bersama untuk membahas prosedur penyerahan Bandara Tempuling kepada Kemenhub.

Keuntungan penyerahan aset ini, Bandara Tempuling akan dilengkapi fasilitas dan pengembangan kelas bandaranya. Sekaligus, Pemkab Inhil dapat menghemat anggarannya karena pengelolaan bandara telah diambil alih dengan pendanaan Kemenhub."Ini bukan berarti fisiknya diambil dari Inhil, melainkan proses pengelolaannya saja. Nanti, masyarakat Inhil juga akan bangga memiliki bandara besar nantinya," jelas Rahmat. ***