SELATPANJANG - Biasanya mendengarkan kata arisan, terbanyang akan ibu-ibu rumah tangga. Namun, kali ini arisan juga menjadi salah satu program Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM) Tebingtinggi Barat.

Hal itu sebagaimana diceritakan oleh Koordinator KPM Tebingtinggi Barat, M Basiruddin SIp, ketika berbincang dengan GoRiau (GoNews Group), Rabu (31/8/2016). Kata Basiruddin, mereka belum lama ini dibentuk dan dikukuhkan oleh Balai Latihan Masyarakat Provinsi Riau serta Dinas PMD Kabupaten Kepulauan Meranti.

Usai pengukuhan itu, KPM Tebingtinggi Barat langsung menyusun program kerja. Salah satunya dengan menggelar arisan.

Arisan ini, kata Basir, merupakan kunjungan kerja mereka ke seluruh desa se Kecamatan Tebingtinggi Barat. Dimana, dalam kunjungan itu, mereka akan ikut berkecimpung dan membantu suksesnya program desa berkenaan dengan dibantu oleh setiap kader yang berasal dari desa tersebut.

"Setiap desa ada kader kita. Mereka akan membicarakan program kerja desa kemudian kita ikut membantu program itu hingga sukses dikerjakan," kata Basir yang waktu itu mengatakan mereka telah membuat kegiatan peringatan HUT ke 71 RI di salah satu desa di Kecamatan Tebingtinggi Barat.

Kalau untuk KPM sendiri, kata Basir, akan diambil dari anggota masyarakat desa yang memiliki kemampuan, kemauan, dan pengetahuan. KPM di tiap desa diharapkan bisa menggerakkan masyarakat agar berpartisipasi dalam pemberdayaan masyarakat dan pembangunan desa itu sendiri.

"Di Tebingtinggi Barat ada 14 desa, kita baru mengunjungi 1 desa. Sisanya akan kita kebut selama tahun 2016 ini. Kalau untuk program kerja di desa, itu tergantung pihak desa dan kita sifatnya hanya membantu," ujarnya lagi. ***