TELUKKUANTAN - Warga Kuantan Singingi (Kuansing), Riau mengeluhkan lamanya proses pembuatan e-KTP. Bahkan, seorang warga sudah menunggu selama 19 hari, namun e-KTP tak kunjung selesai.

Hal ini dialami oleh Saduali, warga Cerenti yang merantau ke Singapura. Ia mengaku sangat kesal dengan lambannya proses pembuatan e-KTP di Kuansing.

"Saya sengaja cuti untuk membuat KTP, tapi sampai hari ini belum selesai juga," ujar Saduali kepada GoRiau.com, Senin (26/9/2016) sore.

"Kami merasa dipersulit dalam mengurus e-KTP ini. Bayangkan saja, hampir tiap minggu saya ke dinas, tapi tak ada jawaban," tambah Saduali dengan kesal.

Ia mengaku sudah mendatangi bagian informasi, namun tidak ada pihak yang bisa memastikan kapan e-KTP bisa diambil. "Alasannya, jaringan," kata Saduali.

Secara terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kuansing, Martono menyatakan saat ini jaringan di pusat sangat sibuk.

"Akhir-akhir ini jaringan di pusat sangat sibuk, kita sudah kirim data ke pusat, tapi tak kunjung turun," jelas Martono.

Ia menegaskan, dinasnya tak ingin memperlambat proses pembuatan e-KTP. Namun, karena sistem pemerintah pusat yang sibuk.

"Kalau bisa selesai dalam hitungan menit, akan kami selesaikan. Tak ada gunanya kami memperlambat proses pembuatan e-KTP," pungkas Martono.***