BAGANSIAPIAPI - Warga Kepenghuluan Bagan Punak Pesisir, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir merayakan HUT ke-73 RI dengan kegiatan yang agak unik dari biasanya. Peserta yang didominasi oleh kaum emak-emak ini adu pancho dan lomba menggendong suami, tapi sebaliknya suami menggendong.

Kegiatan ini disponsori oleh wiraswastawan, Elangi Zubiardi dan beberapa donatur dari warga setempat.

Dalam sambutannya, Zubiardi menyampaikan gagasan kegiatan ini intinya menyambut HUT RI juga untuk menghibur masyarakat yang padat dengan rutinitas bekerja diluar dan dirumah.

"Untuk tanding panco dan lomba gendong istri dan suami, saya sendiri yang mendanai. Kalau untuk panjat batang pinang dan lomba anak anak, dibantu dengan donatur warga setempat," ujar Zubiardi kepada GoRiau.com, Minggu (19/8/2018).

Menurutnya, respon masyarakat cukup  puas karena selain mengejar hadiah bonus uang yang cukup menggiurkan, mereka juga gratis nginap di Hotel Kelas Melati.

"Juara pertama mendapat hadiah Rp 6 Juta, juara kedua Rp 4 Juta dan Juara tiga mendapat Rp 2 Juta," sebutnya.

Menurutnya, sebelum acara ini, kehidupan masyarakat sangat kompak dan dari dulu memang sudah berbaur.  Setiap ada kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat, pada prinsipnya masyarakat sangat menyokong.

Itu dibuktikan dengan ramainya warga yang mendaftar apalagi kaum emak-emak yang mengikuti kontes bola kaki dangdut dan tanding pancho.

"Pertama ada yang segan segan dan malu malu mendaftar. Tapi karena banyak rekan rekannya yang ikut, mereka berbondong bondong mendaftar," katanya.

Mengingat antusiasme warga yang menyemarakkan pertandingan menyambut HUT RI ini, Zubiardi berjanji akan membuat acara serupa tahun depan. Sebagai penutup serta pemberian hadiah di malam hiburan, seluruh warga larut dengan tarian asal Sumut, Endeng- endeng. ***