BANGKINANG - Pemerintah Kabupaten Kampar melalui Sekretaris Daerah, Yusri memberikan apresiasi kepada dinas terkait atas dimanfaatkannya kembali Pamsimas demi menjaga kesehatan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Yusri saat membuka acara pelatihan bagi kader AMPL (Air Minum dan Penyehatan Lingkungan) dan review RAD-AMPL (Rencana Aksi Daerah Air Minum dan Penyehatan Lingkungan) yang dilaksanakan di Aula Taman Rekreaksi Stanum Bangkinang Kota, Senin (12/11/2018). Diikuti oleh 41 peserta workshop review dan 148 orang.

Yusri mengatakan, bersyukurlah kita menjadi agency untuk review workshop dan pelatihan kader AMPL, karena sesungguhnya program air bersih adalah program nasional untuk seluruh masyarakat, karena dari sisi kesehatan, ketersediaan akan air bersih sangat penting dan sangat berpengaruh bagi kesehatan masyarakat.

Disampaikannya, saat ini di daerah Kampar banyak penambang liar yang beroperasi di pemukiman padat penduduk dan berakibat buruk terhadap ketersediaan air di sumur-sumur masyarakat sekitar penambangan.

"Kesadaran penambang juga sangat dibutuhkan karena jelas-jelas akan merugikan masyarakat banyak dan hal ini akan sangat sering terjadi ketika musim kemarau, sumur warga jadi kering dan masyarakat sangat sulit mendapatkan air bersih. Untuk itu, kami sangat memberikan apresiasi terhadap pemanfaatan kembali Pamsimas ini, jangan hanya bangunan tugu saja, tapi harus dimaksimalkan dengan penyaluran langsung ke rumah-rumah masyarakat yang membutuhkan dengan bantuan kader profesional dari pamsimas. Sehingga ditahun-tahun mendatang, seluruh masyarakat sudah bisa menikmati air bersih dengan sebaik-baiknya," pinta Sekda.

Ia menambahkan, terkait dengan workshop review RAD-AMPL, tahapan ini, menurutnya sangatlah penting, terutama dalam menghadapi perubahan lingkungan yang dinamis. Apalagi dalam era globalisasi, sebuah perencanaan harus mengandalkan prosedur yang rasional dan sistematis, bukan hanya berdasarkan dugaan semata.

Kemudian kata Sekda Kampar ini, dengan perencanaan yang baik akan memberikan kemudahan untuk melihat program apa saja untuk meningkatkan kemungkinan tercapainya tujuh dari penyelenggaraan urusan pemerintah daerah untuk mensejahterakan masyarakat.

"Kami sangat berharap kepada seluruh kader agar mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Jangan disia-siakan agar ditahun-tahun kedepan masyarakat bisa menikmati air bersih dengan baik," papar Yusri. ***