PEKANBARU - Panitia Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia (APJI) tengah mematangkan persiapan untuk memastikan perhelatan Rakernas III APJI pada 24-27 Oktober 2016 di Bumi Melayu Lancang Kuning Provinsi Riau berjalan lancar dan sukses.

''Kami tengah bekerja keras menyiapkan segala sesuatu untuk memastikan perhelatan berskala nasional ini berjalan lancar dan sukses sehingga dapat mengangkat nama baik Provinsi Riau secara nasional,'' kata Ketua DPD APJI Provinsi Riau Afrinaldi, di Pekanbaru Jumat (21/10/2016).

Menurut Afrinaldi, Rakernas III APJI yang mengambil tema Memperkuat Identitas Nasional Melalui Industri Pangan Lokal menurut rencana akan dibuka secara resmi oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Koperasi dan UKM) RI Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga di Hotel Premiere Pekanbaru pada Selasa siang (25/10/2016).

''Pak Menteri 80 persen sudah menyatakan kesediannya untuk datang ke Riau. Meskipun jadwalnya belum pasti, selama tidak ada urusan yang mendadak beliau mau datang ke Riau,'' katanya.

Selain Menteri Koperasi dan UKM RI juga akan hadir Menteri Pariwisata RI yang berdasarkan informasi terakhir akan diwakili Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementrian Pariwisata RI Dadang Riski Ratman.

''Gubernur Riau Bapak Arsyadjuliandi Rachman juga akan hadir pada acara pembukaan itu nantinya,'' kata Afri.

Jajaran Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) APJI yang dipimpin oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) APJI Ayu Mulyadi, SH dan peserta Rakernas III APJI tahun 2016 diperkirakan telah tiba di Pekanbaru pada Senin (24/10/2016).

Rakernas III APJI tahun 2016 akan diikuti sekitar 400 orang yang terdiri dari para peserta Dewan Pimpinan Daerah (DPD) APJI se-Indonesia, para peninjau Dewan Pimpinan Cabang (DPC) APJI se-Indonesia, dan perwakilan pemerintahan/instansi terkait.

''Pada acara pembukaan Rakernas akan ada peluncuran profil APJI, peluncuran Buku Sambal & LSP Pataya, peluncuran Rosebrand, dan acara Satu Jam Bersama Artha Graha,'' kata Afri,

Kegiatan Sidang Pleno Rakernas III APJI sesuai jadwal akan dilaksanakan Rabu (26/10/2016), sementara pada keesokan harinya Kamis (27/10/2016, peserta Rakernas akan mengikuti city tour.

Menurut Afri, sebelum acara pembukaan, Senin malam (24/10/2016), para peserta Rakernas III APJI akan menghadiri jamuan makan malam (welcome dinner) di Balai Serindit Gedung Daerah Provinsi Riau.Dia mengatakan pada acara welcome dinner yang akan dihadiri Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman ini, seluruh pengurus DPD APJI Provinsi Riau akan mengenakan pakaian Melayu. Selain itu, peserta Rakernas akan dihibur dengan kesenian daerah Riau seperti randai dan lain-lain. ''Ini sebagai salah satu upaya kami memperkenalkan adat dan budaya Melayu Riau kepada para peserta Rakernas yang berasal dari seluruh Tanah Air,'' ujar Afri.

Rekor Muri Sagu

Menurut Afrinaldi, Selasa pagi (25/10/2016), di halaman Kantor Gubernur Riau akan dilaksanakan pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) makanan berbahan dasar sagu terbanyak.

Kegiatan yang mengambil tema Sagu Riau Menyapa Dunia ini diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Riau, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, dan APJI Riau.

''Kami berharap pemecahan rekor MURI berupa pembuatan 350 jenis makanan dan minuman yang berbahan sagu ini sukses dan dapat mengharumkan nama Riau,'' ujar Afrinaldi. ***