BATU - Sebanyak 2000-an peserta mengikuti Sepeda Nusantara 2018 yang bertemakan Bangun Indonesia di bawah payung Ayo Olahraga di Kota Batu, Malang, Minggu (18/11/2018).

Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta, Anggota Komisi X DPR RI Latifah Shohib, Walikota Batu Dewanti Rumpoko bersama ribuan masyarakat setempat bersepeda bersama.

Start berlangsung di halaman Balaikota Batu Among Tani, Batu, Jawa Timur di Jalan Panglima Sudirman, menyusuri Jalan Indragiri, Desa Gunungsari - Sidomulyo - Makam Mbah Batu - Lapangan Gelora Arjuno, Bumiaji - Alun-Alun Kota Batu - dan finish di Bali Kota Among Tani.

Raden Isnanta mengatakan antusias masyarakat kota Batu untuk mengikuti kegiatan Sepeda Nusantara yang merupakan salah satu program Kemenpora cukup luar biasa.

"Saya melihat antusias masyarakat Batu sangat luar biasa untuk hidup sehat dengan bersepada. Acara ini memang salahsatu program unggulan Kemenpora yang mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk hidup sehat. Apalagi sepeda merupakan salah satu olahraga rakyat yang bisa dinikmati oleh semua kalangan," kata Isnanta bersemangat.

Sepeda Nusantara tahun ini menurut Isnanta sudah diselenggarakan hampir di seluruh daearah baik kabupaten dan kota. "Untuk Sepeda Nusantara ini sudah berjalan untuk kali kedua, dan ini sudah menjadi agenda rutin yang setiap tahun diselenggarakan oleh Kemenpora. Saya juga ucapkan terima kasih kepada Komisi X DPR RI yang terus mendukung kegiatan di Kemenpora untuk mengajak masyarakat berolahraga," tambahnya.

Walikota Batu Dewanti Rumpoko mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora yang sudah menunjuk kota Batu sebagai salah satu kota diselenggarakanya Sepeda Nusantara 2018.

"Saya senang sekali Sepeda Nusantara bisa selenggarakan di kota Batu. Selain mengajak masyarakat untuk berolahraga dengan melihat keindahan wisata kota Batu, masyarakat juga bisa bersosialisasi dengan masyarakat yang lain," kata Dewanti.

Sementara Anggota Komisi X DPR RI Latifah Shohib mendukung penuh dengan kegiatan Kemenpora seperti Sepeda Nusantara yang memberikan dampak yang luar biasa positif kepada masyarakat Indonesia.

"Kami Komisi X DPR RI sudah melihat kegiatan Sepeda Nusantara yang diselenggarakan Kemenpora banyak dirasakan masyarakat. Kita akan terus dukung kegiatan ini, termasuk anggaran Kemenpora," kata Latifah. ***