PALEMBANG -Duet Merah Putih, Aldila Sutjiadi (23 tahun)/Christopher Rungkat (28) mampu melalui babak kedua ganda campuran Asian Games 2018 di Jakabaring Tennis Center Palembang, Minggu (19/8/2018). Pasangan yang menempati posisi unggulan ke-11 itu menepiskan perlawanan Sarah Mahboob Khan/Muzammil Murtaza (Pakistan). Aldila/Christo menang straight set dengan skor akhir 6-3, 6-2.

“Kami sempat mengalami kesulitan menyesuaikan ritme permainan pada awal pertandingan,” ujar Aldila.

“Memang perlu banyak penyesuaian untuk bermain ganda campuran karena sangat berbeda dengan ganda putra atau putri,” timpal Christo.

Pada babak ketiga menguar aroma persaingan antar negara Asia Tenggara. Aldila/Christo bakal menghadapi pemenang laga antara seeded kedelapan, Nicha Lertpitaksinchai/Sanchai Ratiwatana (Thailand) dan Francis Casey Alcantara/Kathrina Lehnert (Filipina).

“Siapapun pemenangnya kami siap dan optimis dapat mengalahkannya,” tekad Christo.

Di final SEA Games 2017, Christo yang ketika itu berpasangan dengan Jessy Rompies kalah dari Nicha/Sanchai.

“Dengan Aldila, saya yakin bisa menang karena gaya bermainnya yang enerjik tapi lebih sabar tidak disukai pasangan Thailand,” lanjutnya.

Di nomor ganda putra, Anthony Susanto/David Agung Susanto berhasil melaju ke babak kedua Asian Games 2018. Duet kakak-beradik itu tampil perkasa, memenangi laga perdana menghadapi pasangan Maladewa, Faai Fazeel Abdulla/Saai Waheed Ahmed. Anthony/David unggul straight set dengan skor akhir 6-1 6-0.

Sayangnya, ganda tuan rumah ini sudah harus berjibaku dengan unggulan teratas, Rohan Bopanna/Divij Sharan (India) di babak kedua, Senin (20/8).

“Pokoknya kami akan bermain maksimal di babak kedua tanpa memikirkan reputasi lawan,” kata David setelah memenangi babak pertama.

Pada Senin (20/8), David juga akan melakoni partai perdana ganda campuran berpasangan dengan Jessy ‘Echi’ Rompies. David/Echi akan meladeni duet Korea, Ji Hee Choi/Young Seok Kim.

Bila sukses melewati hadangan perdana, duet Merah Putih itu sudah ditunggu seeded teratas, Makoto Ninomiya/Yasutaka Uchiyama (Jepang) yang mendapat bye di babak awal. *

 

Jadwal Senin (20/8/2018)

Babak Kedua

Tunggal Putri

Beatrice Gumulya v 10-Peangtarn Plipuech (Thailand)

Aldila Sutjiadi v 6-Ankita Raina (India)

Tunggal Putra

M.Rifqi Fitriadi v 4-Prajnesh Gunneswaran (India)

Ganda Putri

Deria Nur Haliza/Joleta Budiman v Sara Mansoor/Ushna Suhail (Pakistan)

Jessy Rompies/Beatrice Gumulya v Erina Hayashi/Moyuka Uchijima (Jepang)

Ganda Putra

8-Justin Barki/Christopher Rungkat v Yuya Ito/Yosuke Watanuki (Jepang)

Anthony Susanto/David Agung Susanto v 1-Rohan Bopanna/Divij Sharan (India)

Babak Pertama

Ganda Campuran

Jessy Rompies/David Agung Susanto v Ji Hee Choi/Young Seok Kim (Korea)

 
 
Â