BENGKALIS - Bupati Bengkalis diwakili Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah H Arianto menyerahkan kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Platfon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) RAPBD Perubahan tahun 2016, Rabu (26/10/2016). Besaran RAPBD Perubahan tahun 2016 ini berkisar pada angka Rp3 triliunan setelah melalui proses rasionalisasi dari APBD murni sebesar Rp4,4 triliun.

Penyerahan KUA-PPAS tersebut dilakukan Plt Sekda bersama Pejabat Bappeda Bengkalis Imam Hakim dan Syahrudin serta Kabag Keuangan Bustami datang ke ruang kerja pimpinan DPRD Bengkalis yang diterima Wakil ketua DPRD Zulhelmi. Penyerahan KUA-PPAS RAPBD Perubahan itu berlangsung singkat, karena juga tidak dihadiri anggota DPRD Bengkalis lainnya.

Wakil Ketua DPRD Bengkalis Zulhelmi membenarkan kalau pihak eskekutif yang dipimpin Plt Sekda sudah menyerahkan KUA-PPAS RAPBD Perubahan tahun 2016. Ia menyambut positif penyerahan KUA-PPAS tersebut, dan berjanji kalau DPRD segera akan melakukan pembahasan RAPBD Perubahan tersebut secepatnya.

"Setelah pihak eksekutif datang menyerahkan KUA-PPAS RAPBD Perubahan tahun 2016 ke DPRD, tentu kita akan follow up dengan melakukan pembahasan sesuai tahapan yang berlaku di internal dewan. Secepatnya schedule pembahasan RAPBD 2016 akan diagendakan melalui Badan Musyawarah (Banmus) DPRD," terang Zulhelmi usai penyerahan KUA-PPAS.

Setelah diagendakan di Banmus sambung Zulhelmi, akan dilanjutkan dengan pembahasan ditingkat komisi-komisi, kemudian di Badan Anggaran (Banggar) sebelum dilakukan pengesahan RAPBD Perubahan tahun ini. Sejumlah skala prioritas pembangunan daerah diharapkan terakomodir di RAPBD Perubahan.

Baca Juga: APBD Bengkalis 2016 Disahkan Rp4,4 Triliun

Politisi PKS ini menilai penyerahan KUA-PPAS RAPBD Perubahan adalah sebagai wujud keberlanjutan program pembangunan daerah di Negeri Junjungan. Ia juga optimis anggaran untuk pembayaran gaji guru honor madrasah bisa segera dibayarkan setelah RAPBD-P disahkan.

"APBD tahun ini mengalami defisit dan harus dilakukan rasionalisasi di berbagai sektor. Anggaran untuk pembayaran honorer guru honor madrasah sebanyak 4 ribuan orang menjadi salah satu prioritas kita untuk dianggarkan," jelas Zulhelmi lagi.

Baca Juga: APBD Bengkalis 2016 Defisit

Sementara itu Plt Sekda Arianto ketika dikonfirmasi mengakui kalau penyerahan KUA-PPAS RAPBD 2016 hanya dilakukan dirinya selaku Plt Sekda bersama pejabat di Bappeda dan Kepala Bagian Keuangan Setdakab. Disinggung soal besaran angka pada RAPBD Perubahan tahun ini ia menyebut pada kisaran angka Rp3 triliunan.

"RAPBD Perubahan tahun ini telah melalui proses rasionalisasi sekitar 25 persen di setiap SKPD. Jadi kisaran anggaran pada RAPBD Perubahan sekitar Rp3 trilunan dan ada sejumlah penganggaran yang menjadi prioritas kita yaitu pembayaran honorer guru honor madrasah,'' ujarnya. *** #BENGKALIS