PANGKALAN KERINCI - Menjadikan donor darah sebagai gaya hidup telah dijalankan Karyawan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Darul Arifin sejak beberapa tahun lalu. Ia rutin mendonorkan darahnya dalam donor darah missal ke-55 yang diadakan oleh Keluarga Donor Darah (KDD) Riau Kompleks, Sabtu (4/8). Darul sendiri telah 15 kali melakukan donor darah sejak ia bekerja RAPP.

“Awal ingin donor darah untuk bantu persediaan darah. Tapi saya juga terus cari info mengapa saya harus donor darah. Ternyata donor darah sangat bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya untuk mengganti sel-sel darah baru,” jelas Darul.

Selain itu, ia juga sering mendapatkan pesan berantai jika banyak orang yang membutuhkan darah karena stok darah kurang di berbagai rumah sakit. Atas dasar itu, ia selalu rutin mendonorkan darahnya.

Kepala Bagian Pelayanan Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Pekanbaru, dr Dian K Singgih mengatakan persediaan darah yang dibutuhkan oleh PMI saat ini sekitar 5000 hingga 6000 kantong darah. Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat mengingat kesadaran masyarakat terhadap kesehata  saat ini sudah baik.

“KDD Riau Komplek ini sangat membantu persediaan darah PMI Pekanbaru. Kami salut atas niat yang mulia pendonor yang merupakan karyawan, keluarga karyawan RAPP, dan warga sekitar,” tutur Dian, Sabtu (4/8) di Unigraha Hotel, Pangkalan Kerinci.

Ketua KDD Riau Kompleks, Nurul Azmi mengatakan donor darah massal kali ini telah berhasil mengumpulkan sebanyak 854 kantong darah yang berasal dari karyawan, keluarga karyawan, kontraktor, dan warga Pangkalan Kerinci.

“Donor darah yang diselenggarakan KDD ini bukan mengejar prestasi berapa kantong darah, tetapi untuk membantu sesama manusia yang membutuhkan darah,” pungkas Azmi. (rls)