MASAMBA - Bahwa jodoh memang penuh misteri dan ajaib dibuktikan oleh Sumardin. Pemuda tidak lulus sekolah dasar (SD) ini menikahi Ermina Fransica, bule cantik asal Jerman.

Setelah menikah dengan Sumardin, Ermina yang awalnya seorang non-muslim akhirnya memeluk agama Islam, mengikuti sang suami.

Diakui Ermina, ia sama sekali tak pernah menyangka bakal menikah dengan pria Indonesia. ''Tapi kami dipertemukan Allah," kata Ermina dalam bahasa Indonesia terbata-bata.

Banyak pula orang tak menyangka jika Sumardin berhasil menggaet hati si bule cantik. Pasalnya, bisa dibilang ia hanya seorang pria biasa saja.

Pria berusia 29 tahun ini sehari-harinya hanya bekerja mengelola kebun. Meski demikian, sosok Sumardin dikenal berjiwa sosial tinggi. Ia bahkan ikut berkontribusi meningkatkan kemampuan berbahasa bagi warga masyarakat di desanya. Mungkin itu pula yang akhirnya membuat Ermina kagum.

Awal Pertemuan

Pertemuan Sumardin dan Ermina berawal dari sebuah aktivitas sosial di Desa Baloli Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

Di desa tersebut terdapat sebuah rumah pohon untuk tempat belajar bahasa Inggris warga setempat.

Pada awal 2016 Ermina datang ke sini untuk bergabung sebagai relawan di proyek rumah pohon. Secara kebetulan, Sumardin juga ikut menjadi penggiat dalam kegiatan sosial tersebut.

Di sanalah pertemuan keduanya terjadi. Dan seiring waktu, Sumardin dan Ermina semakin dekat. Tak disangka, keduanya memutuskan untuk pacaran hingga akhirnya berlanjut ke jenjang pernikahan.***