PEKANBARU - Sekitar tujuh pesawat dari Jupiter Aerobatic Team Angkatan Udara (AU), Kamis (16/3/2017) pagi, bakal melintas di langit Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Tidak sekedar lewat, pesawat ini juga akan beratraksi di udara.

Komandan Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Marsma Henri Alfiandi mengatakan, pesawat tersebut diperkirakan melintas di atas Kota Madani sekitar pukul 08.00-09.00 WIB, Kamis besok pagi. Masyarakat bisa menyaksikan langsung di mana pun.

"Ada sekitar enam atau tujuh pesawat. Mereka bertolak dari Palembang ke Pekanbaru besok, lalu melanjutkan perjalanan ke Medan untuk mengikuti Airshow di Langkawi, Malaysia," tutur Henri kepada GoRiau.com (GoNews Grup), Rabu (14/3/2017) malam.

Pilot-pilot ini singgah ke Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru untuk mengisi bahan bakar. Disela-sela itu mereka akan memamerkan formasi terbang di udara yang tentunya sangat memukau. Semua orang bisa melihat langsung bahkan mengabadikan moment ini.

"Kalau bahan bakar cukup akan nambah lagi beberapa putaran. Nggak perlu alat khusus untuk melihatnya. Sebetulnya cuma singgah, cuma saya minta ada sedikit atraksi di atas Kota Pekanbaru," kata Jenderal bintang satu ini.

Untuk diketahui, Jupiter Aerobatic Team (JAT) Angkatan Udara (AU) ini punya Skadron khusus yang terbentuk pada 1996 lalu. Para pilotnya rata-rata adalah instruktur terbang dan cakap dalam bermanuver, sehingga tak bisa dipandang sebelah mata.

Berbicara soal prestasi, JAT sudah tersohor dan mendunia, bahkan disejajarkan dengan Team Aerobatic negara besar, semisal Rusia. JAT punya manuver dengan level kesulitan yang tinggi dengan dikendalikan pilot pemberani. ***