MENJALANKAN usaha sampingan merupakan hal yang dilakukan banyak orang saat ini. Di zaman sekarang, usaha sampingan memang bisa mendatangkan banyak keuntungan dibandingkan hanya mengandalkan gaji per bulan yang di dapat dari perusahaan. Namun ternyata ada juga orang-orang yang merasa ragu untuk memulai usaha rumahan atau usaha sampingan. Mereka merasa takut gagal, atau berpikir bahwa menjalankan usaha rumahan adalah sebuah hal yang rumit. Hal tersebut sangat keliru sebab banyak sekali usaha rumahan yang sangat mudah untuk dijalankan. Berikut ini adalah beberapa usaha sampingan yang mudah untuk dijalankan:

Bisnis Online

Internet berkembang begitu pesat di zaman sekarang. Anda bisa memanfaatkan internet sebagai media untuk mengembangkan bisnis online. Ada banyak peluang bisnis online yang bisa anda kembangkan, misalnya sebagai berikut:

Penulis Freelance

Jika anda mempunyai hobi menulis, tak ada salahnya anda menjadi penulis freelance agar bisa mendapatkan penghasilan dari usaha sampingan. Banyak sekali perusahaan jasa penulis online yang membutuhkan penulis freelance, jadi anda bisa menjadikan hal tersebut sebagai peluang anda.

Online Shop

Bagi anda yang ingin berbisnis dalam dunia jual beli, anda bisa membuka bisnis online shop. Anda tinggal memilih jenis produk yang ingin anda jual, lalu buatlah toko online anda sendiri. Misalnya saja anda bisa menggunakan tokopedia, bukalapak ataupun fanspage untuk membuat toko online and sendiri.

Blogger Profesional

Jika anda mempunyai blog dan hobi menulis, anda bisa mencoba untuk mengembangkan blog anda. Saat blog anda menjadi populer, akan ada banyak penawaran iklan sehingga anda bisa mendapatan penghasilan dari iklan-iklan tersebut.

Bisnis Kerajinan Tangan

Bisnis kerajinan tangan bisa juga anda jadikan peluang untuk mengembangkan usaha rumahan anda. Bisnis ini lebih cocok dijalankan oleh ibu rumah tangga atau mahasiswi. Ada berbagai kerajinan tangan yang bisa dibuat dan dijual, misalnya tas wanita atau asesoris. Untuk memasarkannya pun tidak perlu repot-repot. Anda bisa memasarkannya secara online, sehingga anda tidak perlu kerepotan untuk mempromosikan kerajinan tangan yang anda buat. Baca juga: UMKM di Pekanbaru Siap menghadapi MEA

Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner selalu menjadi peluang yang sayang untuk dilewatkan. Pada dasarnya, makanan merupakan kebutuhan pokok manusia, sehingga bisnis kuliner tidak akan pernah ada habisnya. Anda bisa menjalankan bisnis kuliner sebagai usaha sampingan anda. Misalnya saja anda berbisnis kue kering atau basah, ataupun bisnis catering untuk melayani pesanan orang-orang. Dengan begitu, anda bisa berbisnis di rumah dan mendapat keuntungan dari usaha sampingan ini.

Bisnis Laundry Kiloan

Bagi anda yang tinggal di kota atau pemukiman mahasiswa dan karyawan kantoran, anda bisa mencoba untuk memulai bisnis laundry kiloan. Biasanya mahasiswa atau karyawan kantor selalu sibuk sehingga tak punya waktu untuk mencuci pakaian mereka. Ini bisa menjadi peluang yang bagus untuk anda. Anda bisa membuka bisnis laundry kiloan, lalu mendapatkan penghasilan yang lumayan dari bisnis ini.

Itulah beberapa bisnis rumahan atau sampingan yang mudah untuk dijalankan. Sebenarnya masih banyak lagi peluang bisnis rumahan yang bisa anda jalankan dengan mudah. Hal terpenting yang harus anda ingat adalah, kesempatan selalu ada dimana-mana, anda hanya harus memiliki keinginan untuk memanfaatkan kesempatan itu sebaik-baiknya. Begitu juga bisnis rumahan yang disebutkan di atas. Jika anda punya keinginan kuat dan berusaha untuk mewujudkan bisnis rumahan tersebut, pastinya anda nanti bisa meraih kesuksesan. Semoga informasi tentang usaha sampingan atau usaha rumahan ini bermanfaat untuk anda. ***