BANYAK dari pengguna kendaraan bermotor yang seringkali kesulitan dalam menentukan arah jalan raya di perkotaan untuk menuju suatu tempat yang ingin di tuju. Hal tersebut berdampak pada banyak nya angka pelanggaran tata tertib berlalu lintas karena seringkali kendaraan beroda empat melewati jalur atau rute yang tidak seharusnya di lewati oleh kendaraan beroda empat.

Seiring perkembangan teknologi maka telah hadir aplikasi yang mampu membantu pengendara roda empat dalam menentukan rute perjalanan maupun jalur-jalur yang boleh di lewati oleh pengendara roda empat selain itu aplikasi ini juga dapat menentukan arah kemana tujuan kita.

Aplikasi ini hadir untuk membantu mempermudah pengendara, aplikasi ini adalah GPS mobil dapat menunjukkan arah serta menuntun anda melewati rute yang benar, cepat serta aman bahkan dapat menghindari rute-rute yang sering terjebak kemacetan, dan bahkan GPS mampu melacak keberadaan mobil anda ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

GPS atau kepanjangan dari Global Positioning System dapat di gunakan sebagai alat navigasi pada kendaraan. GPS banyak juga digunakan sebagai alat navigasi seperti kompas. Beberapa jenis kendaraan telah dilengkapi dengan GPS untuk alat bantu nivigasi, dengan menambahkan peta, maka bisa digunakan untuk memandu pengendara, sehingga pengendara bisa mengetahui jalur mana yang sebaiknya dipilih untuk mencapai tujuan yang diinginkan menggunakan GPS juga dapat berfungsi sebagai sistem pelacak kendaraan. Baca juga: Beginilah Bentuk dan Fitur Mobil Super Mini Terbaru Keluaran Citroen

GPS mampu digunakan sebagai pelacak kendaraan, dengan bantuan GPS pemilik kendaraan/pengelola armada bisa mengetahui ada dimana saja kendaraannya/aset bergeraknya berada saat ini.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengoperasikan GPS, GPS mobil mampu di operasikan menggunakan cara sebagai berikut:

  1. Nyalakan GPS (tekan tombol on of)
  2. Cari posisi, tekan lingkaran pada monitor agar GPS bekerja mengirim sinyal ke satelit dan menentukan letak/ posisi saat ini.
  3. Tentukan tujuan. Setelah diketahui posisi saat ini maka pecinta otomotif bisa menentukan tujuan dengan mengetik pada icons search di layar LED GPS, misalnya tujuan adalah jalan darmo kota surabaya. kemudian tekan enter atau search maka GPS akan mencari alamat tersebut (kira-kira 1-2 detik) jika sudah ketemu maka GPS akan mengkonfirmasi apakah benar jalan ini? pengemudi tekan "ya" jika benar.
  4. Buat rute, setelah lokasi awal ditemukan dan tujuan akhir ditentukn maka tekan "buat rute", kemudian komputer GPS akan membuat rute yang paling dekat dan beberapa rute alternatif lain. Pecinta otomotif tinggal memilih rute yang disediakan oleh komputer pada GPS dengan menekan rute yang dipilih, setelah rute ditekan (dipilih) maka GPS sudah bersiap-siap dengan menampilkan peta lengkap perjalanan anda.
  5. Tekan "mulai" nah ini adalah langkah terakhir, pecinta otomotif bisa menekan "mulai" dan menjalankan mobil anda. GPS akan mengikuti sinyal mobil dan memberikan aba-aba jika akan melewati tikungan atau pecinta otomotif salah jalur.

Adapun harga GPS navigasi dulu tergolong mahal mahal bisa diatas 2,5 juta bahkan sampai 5 juta rupiah, dan saat ini harga GPS mobil untuk yang murah bisa sekitar 500 ribuan (antara 400 sampai 700 ribu) tentunya merk-merk cina. ika pecinta otomotif  membeli GPS mobil dengan harga 1 sampai 1,5 juta rupiah maka pecinta otomotif sudah bisa mendapatkan GPS yang cukup bagus.

Saat membeli lebih baik pecinta otomotif sekalian meminta untuk dipasangkan ke mobil karena kadang-kadang GPS ini juga butuh instalasi peta dan kita kadang-kadang kesulitan jika belum pernah mengeset (menginstal) peta pada GPS tersebut. Selamat mencoba menggunakan GPS, GPS mobil mampu membantu anda para pengguna kendaraan beroda empat dalam menentukan navigasi dan melacak kendaraan anda. ***