JAKARTA - Ilija Spasojevic dalam hitungan beberapa jam lagi akan melakukan debut untuk tim nasional Indonesia jelang melawan Suriah. Striker yang didatangkan klub juara Go-Jek Traveloka Liga 1, Bhayangkara FC pada putaran kedua ini sudah berlatih bersama pemain di timnas Indonesia di latihan resmi, Jumat (17/11/2017) di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang pukul 17.00 WIB.

“Saya seperti anak kecil saat baru masuk timnas. Tadi, saya lihat banyak pemain bagus dan bertalenta di Indonesia. Jadi, saya yakin bahwa saya ingin jadi bagian timnas ke depan lebih baik. Saya lihat Luis Milla suka pemain dengan tipe target man, jadi saya sangat optimis apalagi liga baru selesai jadi saya dalam top performa,” ungkap Spasojevic antusias. 

Mengenai target mencetak gol, ia memilih prioritaskan kemenangan dibanding mencetak banyak gol bagi tim nasional Indonesia atas Suriah yang notabene memiliki peringkat FIFA lebih baik.

"Kami harus bermain dengan hati dan saya mau membantu. Tidak ada keinginan saya untuk bisa mencetak banyak gol, yang ada hanya bagaimana tim bisa memenangkan pertandingan. Saya sudah lihat mereka (pemain suriah) saat laga sebelumnya. Menurut saya mereka main bagus, tim bagus, dan tentu saja akan jadi laga sangat sulit,” tutur ayah dua anak ini.

“Saya sudah 16 kali bermain di kompetisi dan saya merasa sangat bugar dengan motivasi berlebih karena bermain untuk Indonesia. Usai kompetisi yang ketat, saya justru merasa berada di puncak performa terbaik saya saat ini,” tambahnya.

Pria yang baru saja berpaspor Indonesia pada bulan oktober lalu juga mengungkap kegembiraannya untuk menjadi WNI dan bermain untuk tim nasional tak lepas dari bantuan banyak pihak. 

“Ini sangat luar biasa terima kasih kepada semua pihak terutama PSSI yang sudah membantu mewujudkan keinginan saya untuk menjadi bagian dari warga negara Indonesia dan ini latihan pertama dari pertandingan pertama saya jadi bagian dari timnas,” ujarnya.

Selain Spasojevic, empat orang rekan satu klubnya di Bhayangkara FC lainnya juga bergabung dengan tim nasional. Seperti diketahui, bahwa klub juara ini menyumbang lima pemain untuk mengisi pos masing-masing. Awan Setho Raharjo (Kiper), I Putu Gede Juni Antara (Bek), Evan Dimas Darmono, Ilham Udin Armayn (Tengah) dan Ilija Spasojevic (Depan).

Laga kedua melawan Suriah yang bertajuk Pekan Timnas akan diselenggarakan oleh PSSI dan ditayangkan secara langsung oleh RCTI, Sabtu (18/11) pukul 18.30 WIB di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. Selanjutnya pada Sabtu (25/11) di tempat yang sama Indonesia akan melawan Guyana. ***