PEKANBARU - Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Provinsi Riau menggelar latihan terbang malam, melibatkan dua jenis jet tempur andalannya, yakni F-16 dan Hawks.

Latihan tersebut mulai digelar Senin (13/3/2017) malam ini hingga tanggal 16 Maret 2017 nanti. Area latihan terbang malam berlokasi tepat di wilayah MTA (Militer Training Area) Kota Pekanbaru.

"Malam ini ada empat pesawat tempur F-16 yang terbang malam. Besok gabungan dengan pesawat Hawks. Malam ini sekalian persiapan terbang," ungkap Kasi BaseOps Lanud Roesmin Nurjadin, Mayor Ferry Duwantoro.

Ferry yang diwawancarai GoRiau.com (GoNews Grup) Senin malam melanjutkan, tujuan latihan terbang malam adalah untuk mempertahankan sekaligus mengasah kemampuan dan profesionalisme pilot jet tempur.

"Selain itu untuk melatih dan meningkatkan kemampuan penerbang (pilot), juga kesiap siagaan operasi," singkatnya. Adapun latihan tersebut rutin digelar TNI AU Lanud Roesmin Nurjadin tiap empat bulan sekali.

Adapun Lanud Roesmin Nurjadin, memiliki tugas penting dalam menjaga keamanan teritori udara Indonesia, khususnya di wilayah barat. Letaknya sangat strategis dan dapat menjangkau titik terluar NKRI.

Menjamin itu semua, seluruh pasukan tempur Lanud Roesmin Nurjadin yang dikomandoi Marsma Henri Alfiandi ini harus mumpuni dalam kondisi apa pun, termasuk adanya potensi ancaman atau pun gangguan saat malam hari.

Tak hanya kemampuan dan keahlian para penerbangnya saja yang ditingkatkan dalam latihan ini, melainkan juga kesiapan dari para ground crew dan alutsistanya. Ini penting mengingat Roesmin Nurjadin merupakan pangkalan operasi strategis.

"Jadi harus siap kapan pun diperlukan, termasuk menjalankan misi yang diberikan, baik itu siang ataupun malam hari," tutupnya.***