SIAK - Gubernur Riau terpilih Syamsuar dan Wakil Gubernur Riau Terpilih Edy Nasution serta Bupati/walikota se-Riau mendeklarasikan diri sebagai relawan Pro Jokowi (Projo) Riau di Hotel Aryaduta, Jalan Diponegoro, Rabu (10/10/2018) siang dipastikan murni dari hati tanpa paksaan pihak manapun. 

"Memang benar saya mendukung pasangan calon Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin periode 2019-2024. Kan sudah dideklarasikan tadi bersama kepala daerah, inikan dari hati nurani kita," kata Syamsuar saat dikonfirmasi GoRiau.com usai membuka Festival Siak Bermadah, Rabu (10/10/2018).

Saat dikatakan kebenaran dukungannya untuk pasangan calon Presiden nomor 1 ini sangat mengecewakan masyarakat Riau, Syamsuar malah balik bertanya masyarakat Riau mana yang kecewa? 

''Ini pilihan dari hati yang muncul ketika melihat keberhasilan program pembangunan Presiden Jokowi yang tengah berjalan saat ini dan harus tetap dilanjutkan pada periode yang akan datang," kata Bupati Siak ini.

Menurut Syamsuar, saat ini masyarakat Riau banyak menilai secara politik dan mengaitkan dengan partai tentang dukungan ini.

''Tidak bisa begitu, ini Pilpres harus bisa dibedakan. Jadi kalau secara pribadi, ya kita akan berjuang bagaimana pak Jokowi terpilih lagi menjadi Presiden yang akan datang," tandas Syamsuar lagi.

Sebagai Bupati Siak 2 periode, Syamsuar mengaku paham betul dengan sosok Jokowi. Program pak Jokowi sangat bagus untuk rakyat Indonesia. Beliau pemimpin yang sangat respek dan cepat tanggap dengan kebutuhan masyarakat.

''Sekarang jika ada yang pro dan kontra karena beda pendapat, itu sudah biasa dalam demokrasi," kata Syam.

Lagi-lagi Syam mengingatkan bahwa dia dan seluruh kepala daerah di Riau yang kompak menyampaikan dukungannya untuk Jokowi ini tidak ada paksaan pihak tertentu.

''Orang boleh saja berpikiran macam-macam. Tapi bagi kami belum pernah Riau sekompak itu selama Pilpres. Karena pemerintahan Pak Jokowi ini banyak program yang betul-betul menyentuh kepada peningkatan ekonomi masyarakarat yang akan datang," kata Syam yang mengaku Jokowi, Presiden yang komitmen dengan pembangunan infrastruktur. 

Bagaimana sikap partai tentang dukungannya kepada Jokowi, Syamsuar masih enggan berkomentar. ''Nanti biarkan orang Partai saja yang bicara," katanya. 

Sebagai pemimpin Riau terpilih, Syamsuar ingin mencerdaskan masyarakat dengan menyampaikan mana calon pemimpin yang terbaik dan berharap jangan sampai persatuan yang ada menjadi terpecah belah karena dukungan ini.

''Kita sudah dapat data, dukungan di Jawa itu untuk beliau sangat besar, jika dibandingkan Riau. Hitungannya 4 juta pemilih di Riau ini baru hanya 1 Kabupaten di Jawa. Dan tidak Riau saja yang memberikan dukungan, tapi hampir seluruh kepala daerah di Provinsi lainnya,'' sebut Syam lagi. ***