JAKARTA - Salah satu hari paling di nantikan oleh setiap umat manusia adalah hari pernikahan, dan sebelum melaksanakan pernikhan, biasanya akan di lakukan acara lamaran atau pertunangan terlebih dahulu.

Biasanya, pada saat acara lamaran atau tunangan tersebut akan membahas soal hari pernikahan dan persiapan segala sesuatunya bersama dengan seluruh keluarga besar.

Nah, bagi anda calon pengantin pria yang bingung kira-kira apa yang harus dibawa ke rumah mertua saat lamaran? Berikut tips GoNews.co yang dikutip dari beberapa sumber.

1. Cincin Tunangan/Lamaran

Cincin tunangan atau lamaran biasanya disesuaikan dengan kebijakan kedua belah pihak calon pengantin. Sebagian orang, mengartikan bahwa cincin lamaran juga sekaligus dijadikan untuk cincin pernikahan.

Pilihan desain cincin juga dapat di sesuaikan dengan keinginan si calon pengantin. Kedua belah pihak bisa menentukan bentuk dan model yang tentunya disesuaikan dengan buget dan persetujuan keduanya.

Karna cincin ini akan dipakai sehari-hari, jadi disarakan anda memilih model yang tidak memikat orang-orang yang berniat jahat.

2. Hantaran

?Banyak pihak wanita yang bingung dan bertanya kira-kira apasih isi hantaran yang harus di persiapkan.

Pada intinya anda tidak perlu panik, pertama, sesuai kan dengan budget yang telah di persiapkan oleh calon pria

Hantaran adalah perlengkapan yang akan di gunakan si calon perempuan untuk mempersiapkan hari pernikahannya. Namun zaman sekarang isi hantaran boleh benda yang si calon perempuan inginkan.

Jika anda memiliki kelebihan untuk menghias sendiri hantarannya juga boleh, tidak harus memakai jasa hantaran. Namun jika tidak silahkan cari jasa hias hantaran dalam bentuk paket, karena biasanya harga nya jauh lebih murah.

Silahkan survey harga isi hantaran jauh-jauh hari. Manfaatkan Diskon yang ada dapat meminimalkan pengeluaran atau menambah isi hantaran.

Dianjurkan, isi hantaran sebaiknya adalah pilihan si calon perempuan, karena yang akan menggunakan isi hantaran adalah si calon perempuan itu sendiri. Jadi isi hantarannya benar bermanfaat.

Berikut ini adalah contoh hantaran yang boleh anda jadikan referensi.

1. Satu set Bedcover

2. Peralatan Sholat ( Sajadah,Mukena, Al-Qur'an, Tasbih)

3. Peralatan Mandi (Shampo, Sabun Cair, Lotion Mandi, Scrub)

4. Bakal Baju nikah

5. Peralatan Makeup/skin care

6. Tas dan Sepatu Pesta

7. Buah

8. Kue

3. Lalu soal Dekorasi Acara

Untuk dekorasi acara lamaran adalah pilihan optional, jadi semuanya di sesuaikan oleh kedua belah pihak calon pengantin. Jika anda budget khusus untuk dekorasi acara lamaran keren, silahkan sesuaikan tema dengan jasa organizer . Pilih jasa organizer decoration yang ramah kantong tetapi sudah diakui.

4. Acara Lamaran

Tata cara lamaran di indonesia berbeda-beda sesuai dengan aturan adat dan agama dari pasangan calon pengantin. untuk mempermudah anda , inti dari acara lamaran ada 6, yaitu:

Penyambutan keluarga calon pria, penyampaian maksud lamaran/tunangan oleh pihak pria, penyampaian ketetapan hati dan komitmen dari kedua mempelai, simbol pengikat lamaran/tunangan berupa tukar cincin dan memberikan seserahan/hantaran, pembahasan mengenai pernikahan, penutup lamaran/tunangan.Kira-kira seperti itulah isi dari rangkaian acara lamaran/tunangan yang ada di Indonesia.

5. Makanan

Makanan adalah hal yang utama dalam rangkaian acara lamaran/seserahan yang harus di persiapkan oleh pihak mempelai wanita. Untuk menghindari kejadian yang tidak di inginkan seperti alergi makanan dan sejenisnya, sebaiknya sediakan dua jenis lauk yang berbeda, jadi dari pihak pria yang memiliki riwayat penyakit/alergi memiliki pilihan lain. Jangan lupa sediakan cemilan manis dan buah-buahan ya .

7. Pakaian

Beberapa pasangan ada yang mempersiapkan acaranya dengan detail, sehingga pakaian yang akan di gunakan pun di sesuaikan satu dan yang lainnya sesuai dengan selera dan kemampuan si calon pengantin, dengan catatan pakaian yang di gunakan harus lah resmi.

Calon perempuan menggunakan kebaya dan calon pria menggunakan batik/jas agar acara lamaran/tunangan anda berkesan resmi dan memiliki makna yang mendalam bagi kedua belah pihak.

Nah itu dia beberapa tips lamaran dan hantaran, semoga bermanfaat. ***