PEKANBARU - Angkatan Udara (AU) Indonesia dan RSAF Singapura menggelar latihan bersama (Latma), bersandi Manyar Indopura XVI/18. Latihan tersebut terkonsentrasi di Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru Provinsi Riau.

Latihan bersama tersebut resmi dibuka, Senin (5/3/2018) sore tadi di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru. Rencananya, ini berlangsung hingga 14 Maret 2018 nanti, dengan melibatkan prajurit-prajurit terbaik dari masing-masing negara.

Kadisops Lanud Rsn Letkol Pnb Jajang Setiawan selaku Direktur Latihan dari TNI AU mengatakan, tujuan Latma untuk meningkatkan hubungan bilateral kedua negara, serta kedua Angkatan Udaranya. Selain itu juga untuk meningkatkan profesionalisme para personel dalam melaksanakan tugas.

"Ini juga dapat menjadi sebuah ajang kesempatan yang baik untuk dapat berbagi pengetahuan serta pengalaman yang akan berguna bagi para personelnya di masa depan," tambah Kadisops.

Sementara itu Deputy Exercise Director dari RSAF, Ltc Christien Sim mengungkapkan, latihan ini merupakan kesempatan yang baik untuk semakin memperkuat persahabatan yang terjalin selama ini Indonesia dan Singapura, serta TNI AU dan RSAF.

Terpisah, Danlanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Marsma TNI T.B.H. Age Wiraksono menekankan kepada seluruh peserta latihan, agar mengutamakan faktor safety dan keamanan, supaya seluruh rangkaian latihan dapat berjalan dengan aman, lancar dan selamat hingga selesai.

Latihan ini turut melibatkan satu helikopter EC 725 Caracal dari Skadron Udara 8 Lanud Atang Sendjaja Bogor, serta dua helikopter Super Puma dari 125th Squadron RSAF, dan didukung oleh sekitar 60 personel dari TNI AU maupun RSAF.

Latihan yang berlangsung hingga tanggal 14 Maret ini akan melaksanakan beberapa latihan yang berhubungan misi Search and Rescue (SAR), seperti evakuasi medis ataupun Combat SAR.

"Latihannya di training area Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru - wilayah Riau, dengan batas-batas yang sudah ditentukan dalam rapat perencanaan latihan, termasuk di daerah Siabu, Kampar," pungkas Age menjawab GoRiau.com. ***