RENGAT - KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) menggelar Korsupgah (Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Korupsi) di Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, Kamis (25/8/2016). Korsupgah ini merupakan tindak lanjut dari penandatangan komitmen bersama pemberantasan korupsi yang telah dilakukan seluruh kepala daerah se Provinsi Riau di Pekanbaru pada, April 2016 lalu.

Bertempat di Ruang Rapat Bupati Inhu, tiga orang tim Korsupgah KPK yang datang ke Inhu itu, diantaranya Najib, Tri Budi dan Ardiansyah itu disambut dan diterima langsung oleh Bupati Inhu H Yopi Arianto dan Wakil Bupati Inhu H khairizal serta sejumlah pejabat dilingkungan Pemkab Inhu.

Usai menggelar pertemuan dengan Bupati Inhu, tim Korsupgah KPK langsung menggelar pertemuan dengan sejumlah kepala SKPD yang dipimpin Wakil Bupati Inhu H Khairizal di ruang rapat Kantor Bappeda dan Litbang Inhu.

Selain itu, Tim Korsupgah KPK juga melakukan peninjauan ULP (Unit Layanan Pengadaan) Kabupaten Inhu serta proses pengurusan perizinan pada BPMD PPT (Badan Penanaman Modal Daerah, Pelayanan Perizinan Terpadu) Inhu.

"Kedatangan kami ke Kabupaten Inhu dalam rangka melakukan koordinasi dan supervisi pencegahan korupsi sekaligus tindak lanjut dari penandatangan komitmen bersama pemberantasan korupsi oleh seluruh kepala daerah di Riau pada April lalu," ujar Najib selaku Ketua Tim Korsupgah KPK.

Dijelaskan Najib, dalam pelaksanaan Korsupgah ini, pihaknya membahas rencana aksi program pemberantasan korupsi terintegrasi yang telah disusun Kabupaten Inhu dengan fokus pada proses perencanaan, pengadaan barang dan jasa serta perizinan.

"Dalam pelaksanaannya, kita akan melakukan monitoring. Jika ada persoalan ataupun kendala-kendala, maka kita akan mencarikan solusinya, sehingga upaya pencegahan korupsi di Kabupaten Inhu dapat terlaksana dengan baik," tegasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Inhu H Khairizal menyambut baik kehadiran tim Korsupgah KPK tersebut. Ia berharap kehadiran tim Korupgah KPK itu mampu memberikan masukan demi perbaikan terhadap upaya pemberantasan korupsi di Kabupaten Inhu.

"Salah satu fokus pembahasan tim KPK adalah terkait kesiapan penggunaan teknologi informasi oleh Pemkab Inhu dalam penyelenggaraan pemerintahan. Dan saat ini Pemkab Inhu tengah melakukan upaya integrasi terhadap berbagai aplikasi yang telah digunakan SKPD," pungkasnya.***