JAKARTA - Petenis andalan Indonesia, Aldila Sutjiadi (23 tahun) berhasil melangkah ke babak akhir PT PP Women’s Circuit International Tennis 2018.

Seededkeempat itu sukses memenangi laga semi final turnamen berhadiah total 15.000 dollar AS atau sekitar Rp 210 juta yang berlangsung di lapangan tenis Gelora Manahan Solo, Jawa Tengah, Jumat (14/7/2018).

Petenis yang saat ini menduduki peringkat tunggal ke-751 dunia itu menang atas unggulan kelima asal India, Mahak Jain.  Aldila unggul dalam pertarungan rubber set berdurasi dua jam 19 menit dengan kedudukan akhir 7-6(0) 2-6 6-3.

"Lawan bermain bagus, ulet dan tidak mudah dimatikan. Setelah menang set pertama, saya sempat kehilangan fokus dan tertinggal cepat hingga akhirnya kalah di set kedua," tutur Aldila yang akan membela Merah Putih di ajang Asian Games 2018 ini.

"Titik baliknya saat ketinggalan 1-3 di set penentuan, saya hanya berpikir yang penting tidak memberi poin gratis untuk lawan. Ternyata berhasil dan justru lawan banyak membuat kesalahan sendiri," imbuhnya.

Pada final kejuaraan yang disponsori PT PP (Persero) Tbk ini, Aldila bakal terlibat bentrok dengan wakil Tiongkok, Zhima Du yang berjaya menekuk Mana Ayukawa (Jepang) 6-3 6-4.

"Meski belum pernah berhadapan di lapangan, saya sudah mempunyai gambaran permainan lawan," ucap Aldila menjelang pertarungan final turnamen ITF Pro Circuit pertama sepanjang karier tenisnya itu.

"Saya harus mengambil kesempatan untuk menekannya sedari awal agar permainan lawan tak berkembang," tandasnya.

Sementara itu, duet beda negara Rifanty Kahfiani dan Ayaka Okuno sukses memboyong gelar juara ganda setelah menundukkan pasangan kembar tuan rumah, Fitriana Sabrina/Fitriani Sabatini, Jumat (13/7/2018).

Duo Indonesia-Jepang itu menangstraight set dalam pertandingan yang berlangsung hanya dalam waktu 57 menit, 6-4 6-0.

"Kami gembira bisa menjadi juara di Solo, meski baru pertama kali bermain bersama," tutur Rifa yang memutuskan berpasangan dengan Okuno pada saat-saat akhir menjelang penutupan sign-in doubles awal pekan ini.

Hasil Jumat (13/7/2018): Tunggal Semi Final, 4-Aldila Sutjiadi  v 5-Mahak Jain (India) 7-6(0) 2-6 6-3, Zhima Du (Tiongkok) v Mana Ayukawa (Jepang) 6-3 6-4

Ganda Final: Rifanty Kahfiani/Ayaka Okuno (Jepang) v Fitriana Sabrina/Fitriani Sabatini 6-4 6-0.

Jadwal Sabtu (14/7/2018) Tunggal Final: 4-Aldila Sutjiadi  v Zhima Du (Tiongkok).***