SIAK SRI INDRAPURA - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Siak berhasil mendapatkan Bawaslu Award atas nominasi 5 terbaik dari 269 kabupaten/kota yang ada di Indonesia dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember 2015 lalu.

"Alhamdulillah kita masuk dalam lima kriteria penilaian Bawaslu RI, kita juga masuk lima nominasi terbaik se-Indonesia. Akhirnya kita dinilai berhasil dalam pengawasan Pilkada tahap I tahun 2015 lalu," ungkap Wakil Bupati Siak, Alfedri yang menghadiri malam penganugerahan di Balai Sarbini Jakarta, Senin (29/2/2016) malam.

Keberhasilan tersebut ternyata diluar dugaan Panwaslu Siak. Pasalnya, mereka hanya menargetkan masuk dalam 10 besar. Mengingat penilaian Bawaslu RI sangat ketat meliputi kriteria penilaian berdasarkan tingkat penyelesaian sengketa pilkada, pengawasan terhadap tahapan pilkada, penanganan pelanggaran, pengawasan partisipatif dan partisipasi pemerintah daerah.

"Ini merupakan pencapaian yang luar biasa atas perjuangan Panwaslu dalam pelaksanaan Pilkada yang aman, kondusif, tepat dan cepat dalam bentuk pengawasan parisipasif yang melibatkan seluruh stakeholder," ungkapnya lagi.

Penghargaan Bawaslu Award itu pun diserahkan secara langsung oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla. ***