PEKANBARU - Ribuan warga Kota Pekanbaru, Provinsi Riau tumpah ruah di tepian Sungai Siak, Jumat (26/5/2017) petang tadi. Mereka turut meramaikan acara Petang Megang, yang sudah jadi tradisi tahunan masyarakat dalam menyambut bulan suci Ramadan.

Masyarakat berjubel di sepanjang tepian Sungai, dekat Jembatan Siak III. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa ikut meramaikan tradisi Petang Megang. Mereka ada pula yang mandi berenang di sungai, serta hilir mudik memakai sampan dan kapal kayu yang sudah dihias.

Tidak cuma di pinggir sungai, masyarakat yang tak bisa mendekat ke lokasi acara bahkan rela nongkrong di jembatan, meski hanya melihat dari kejauhan saja. Semuanya berbahagia di tradisi Petang Megang itu, yang digelar sebelum puasa dimulai, keesokan harinya.

Selain itu ada pula perlombaan balap sampan. Mereka yang menang mendapat hadiah. Memang tahun ini perlombaannya tak semeriah tahun lalu, namun masyarakat tetap antusias. Petang Megang dibuka langsung oleh Walikota dan dihadiri pejabat serta Forkopimda.

Terakhir, Petang Megang ditutup dengan acara siram-siraman, dengan mengerahkan mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) yang menyemprotkan airnya ke arah kerumunan warga.

Bagi anda yang tak sempat hadir, GoRiau.com (GoNews Grup) sempat mengambil cuplikan videonya dari udara menggunakan Drone. Klik untuk menonton video Tradisi Petang Megang dari Udara. Menjelang Magrib, masyarakat pun membubarkan diri. ***