PEKANBARU - Melemahnya rupiah ke level Rp15.129 per 1 dolar Amerika Serikat nampaknya tidak cukup berpengaruh terhadap harga dan penjualan smartphone di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Pasalnya, beberapa vendor terkenal seperti Xiaomi, Samsung, Vivo dan Oppo tetap laris seperti biasa.

Harga smartphone beberapa merk ternama pun masih relatif aman, bahkan ada yang turun. Seperti vendor Vivo dengan tipe V11 yang cashback hingga Rp500 ribu dari harga awal Rp4,5 juta.

"Harga smartphone masih seperti biasa. Tergantung vendornya sih, ada yang promo ada juga yang tidak," kata Headstore Asia Ponsel, Tuti kepada GoRiau.com di Pekanbaru, Senin (22/10/2018). 

Untuk angka penjualan, lanjut Tuti, masih tetap seperti biasa. Beberapa smartphone dari vendor ternama hadir dengan keunggulan dan kecanggihannya. Karena itulah, daya beli masyarakat terhadap gadget ini nampaknya masih cukup tinggi. 

"Penjualan smartphone seperti biasa, cukup tinggi. Karena kan banyak tipe-tipe baru yang hadir. Beberapa vendor juga ada cashback. Untuk aksesoris juga, harganya naik tapi penjualan tetap standar," tambahnya lagi.

Sementara itu, Tuti menerangkan, bahwa saat ini tipe smartphone yang paling dicari adalah Samsung J6 plus seharga Rp3,5 jutaan dengan RAM 4 GB dan memori internal 16 GB.

"Kalau sekarang yang diincar itu banyak, setiap vendor punya keunggulan masing-masing. Tapi, saat ini penjualan Samsung Galaxy J6 plus dan Vivo V9 lah yang paling meningkat," tandasnya. ***