JAKARTA - Meski tak se booming dua tahun yang lalu, para pecinta batu cincin/akik di Indonesia tetap eksis. Terbukti acara/iven kontes batu akik masih sering digelar di seluruh Indonesia.

Tak terkecuali di Provinsi Riau, kontes akik nasional dan terbesar di awal tahun 2018, juga bakal digelar di Kota Pekanbaru, 11-18 Maret 2018 mendatang.

Kontes akik nasional ini, juga menyediakan hadiah yang tak sedikit, selain trophy, panitia juga menyediakan hadiah uang total Rp400 juta.

Acara ini ditaja Asosiasi Permata Riau (APR) bekerjasama dengan salah satu produk kecantikan PUMOS.

Hal ini diungkapkan Ketua Harian Asosiasi Permata Riau (APR) Adi Eka Jaya kepada GoNews.co, Selasa (09/01/2017) di Jakarta.

https://www.gonews.co/assets/imgbank/09012018/gonewsco_a68ru_85.jpg

"Acara ini merupakan acara terbesar di awal tahun 2018, dimana kita membuktikan bahwa pecinta batu nusantara masih tetap eksis meskipun tidak seheboh dua tahun belakangan ini," ujarnya.

Lanjut Adi yang akrab disapa Adi Bungsu ini, acara kontes tersebut akan dilaksanakan di Transmart Mall Pekanbaru.

"Hadiahnya sangat fenomenal, dan dilaksanakan di Mall keluarga Transmart Pekanbaru," paparnya.

Selain itu kata dia, kontes ini juga akan menghadirkan enam orang juri nasional.

"Karena pesertanya juga diikuti para penghoby batu akik dari seluruh Indonesia, maka kita juga hadirkan juri nasional. Dengan total kelas yang diperlombakan sebanyak 248 kelas," tukasnya.

https://www.gonews.co/assets/imgbank/09012018/gonewsco_fyyy6_84.jpg

Kontes akik akbar yang disponsori produk kecantikan PUMOS ini kata Adi, bertujuan untuk tetap menjalin silaturrahmi sesama pecinta batu di seluruh Indonesia. "Selain itu juga kami ingin tetap menjaga eksistensi dunia perbatuan yang sudah sedikit merosot. Acara ini juga dalam rangka tour series Sumatera Gemstone Super League (SGSL) part 8," ujar Adi Bungsu.

Bagi peserta yang ingin ikut kontes kata dia, hanya dibebankan biaya pendaftaran sebesar Rp250 Ribu, per cincin/batu.

"Untuk juara umum hadiahnya total Rp50 juta, selain ada juga hadiah per kelas. Dan tidak hanya itu, kami juga menyediakan lab untuk memo batu Sky (Lab on the spot)," pungkasnya. ***