JAKARTA - Ketua umum Golkar yang juga sebagai Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Joko Widodo merupakan satu-satunya presiden yang berkendara multi moda. Hal itu disampaikannya saat mendampingi Jokowi berkeliling arena pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (19/4/2018).

Jokowi mengenakan jaket jins berwarna biru, yang pernah ia gunakan ketika sunmori (sunda morning ride) di Pelabuhan Ratu mengendarai motor chopper emasnya beberapa waktu lalu.

Setelah mengunjungi beberapa booth peserta IIMS 2018, mantan Wali Kota Surakarta itu pun tak mau terlewat untuk menyambangi tenda Elders Garage yang memajang sejumlah motor custom.

Di sini, ia pun sempat menunggangi beberapa motor custom. Dari yang berwarna biru hingga unit berwarna kuning. "Warnanya apa?" Tanya Jokowi ke wartawan. "Warnanya," sahut Airlangga.

Sebelum momen tersebut, saat memberikan sambutan di acara pembukaan IIMS 2018, Airlangga juga mengomentari Jokowi yang doyan menggunakan berbagai jenis kendaraan saat melakukan kunjungan kerja.

"Beliau adalah satu-satunya presiden yang mengendarai multi moda," kata Airlangga saat memberikan sambutannya. Jokowi kendarai motor Chopper Royal Enfield 350.

Canda Airlangga ini bukan tanpa sebab. Jokowi dalam sejumlah kesempatan memang aktif mengendari berbagai jenis kendaraan.

Mulai dari SUV klasik, truk kepala kuning, hingga motor chopper berkelir emas yang belum lama ini ia kendarai saat kunjung ke Pelabuhanratu. ***