PEKANBARU - Dalam rangka memaknai Bulan Bahasa, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Lancang Kuning (Unilak) menaja Lomba Baca Puisi tingkat SLTA Se-Pekanbaru. Kegiatan ini dilaksanakan Jumat pagi (28/10/2016).

Selain lomba baca puisi, diadakan juga lomba Musikalisasi Puisi antar mahasiswa Unilak, Seminar Sastra, Kuliah Umum dan Malam Puncak Bulan Bahasa yang menghadirkan beberapa penyair Riau. 

"Selama dua hari, Jumat dan Sabtu (28-29/10/2016), pelaksanaan kegiatannya. Lomba baca puisi tingkat SLTA Se-Pekanbaru dan lomba musikalisasi puisi Se-Unilak hari Jumat. Pagi Sabtu seminar tentang sastra, kuliah umum dan Malam Puncak," ucap Husaini, Ketua Pelaksana, Kamis malam (26/10/2016). 

Husaini menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan upaya memaknai Bulan Bahasa yang diperingati setiap bulan Oktober. Husaini juga menjelaskan bahwa dengan kegiatan ini dapat dijadikan momen mendekatkan sastra di kalangan generasi muda.

Baca Juga: Semua Program Studi FIB Unilak Kini Terakreditasi B

"Untuk tahun ini, lomba baca puisi masih di sekitaran Kota Pekanbaru. Kedepannya kami berkeinginan akan mengadakan Se-Riau dan akan menambah beberapa perlombaan yang terkait dengan sastra," ujar Husaini.

Dikatakan Husaini, untuk Seminar Sastra dengan menggusung tema "Peranan Kesusatraan Sebagai Kekuatan Memperkokoh Kebudayaan" dibuka bagi para guru Bahasa Indonesia. Kegiatan seminar ini berlangsung hari Sabtu pagi (29/10/2016), pukul 8.30 WIB, di ruang Seminar FIB Unilak, Rumbai.

"Bagi para guru Bahasa Indonesia yang ingin mengikuti seminar sastra ini, dipersilakan langsung datang ke kampus Unilak, tanpa dipungut bayaran. Panitia menyediakan sertifikat seminar sastra tersebut," jelas Husaini, mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia ini. (rls)