PEKANBARU - Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Riau menghimbau kadernya untuk ikuti aksi Damai Bela Islam III. Kepastian hal ini telah diputuskan dalam rapat pimpinan pada Kamis pagi (1/12/2016) bersama jajaran organisasi otonom (Ortom) dan amal usaha (AUM) tingkat wilayah di Komplek Gedung Dakwah Muhammadiyah Riau Jl. K.H. Ahmad Dahlan No. 88 Pekanbaru.

Ketua PW Muhammadiyah Riau Drs. H. Wan Abu Bakar MS, M.Si mengatakan ''Saya selaku pimpinan Wilayah Muhammadiyah Riau, tidak melarang apabila ada warga Muhammadiyah yang akan ikuti Aksi Damai Bela Islam III ke Jakarta pada Jumat (2/12/2016) besok''. Namun meskipun demikian Wan menghimbau warga Muhammadiyah Riau untuk ikut serta Aksi Damai Bela Islam III di Kota Pekanbaru.

Hal ini selaras dengan keputusan Rapat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Riau untuk menggelar Aksi Damai Bela Islam III di Pekanbaru dengan Ormas Islam yang tergabung. Wan Abu Bakar Menambahkan ''Saya juga rencananya akan ikut serta dalam aksi besok serta menyampaikan orasi bergantian dengan pengurus MUI dan Ormas Islam lainnya''.

Selain Wan Abu Bakar tokoh perempuan Riau Azlaini Agus juga akan ikut menyampaikan orasi.

Sementara itu Koordinator Lapangan Jon Hendri Hasan, SH yang juga Koordinator Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Riau mengatakan beberapa ortom tingkat wilayah telah menyatakan diri ikut serta antara lain PW Pemuda Muhammadiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) serta Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (BEM UMRI). Sedangkan amal usaha yang akan ikut serta antara lain guru dan siswa Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah di Kota Pekanbaru serta Dosen, Karyawan dan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau.

''Alhamdulillah beberapa Ortom dan amal usaha sudah menyatakan akan bergabung dalam Aksi Damai Bela Islam Jilid III besok bersama PW Muhammadiyah Riau dan AMM Riau. Jika ditotal keseluruhan jumlah massa yang akan ikut mencapai 5.000 orang dan kita juga mempersilahkan organisasi lain yang ingin ikut bergabung''. Namun Jon mengharapkan bagi organisasi lain yang ingin bergabung agar melakukan koordinasi dengan pihaknya lebih awal agar tertib.

Mengenai rute perjalanan yang akan ditempuh dan titik berkumpul, Jon mengatakan ''Kita akan melaksanakan Shalat Jumat di Mesjid Al-Fida' Muhammadiyah Jl. K.H. Ahmad Dahlan terlebih dahulu. Kemudian berkumpul di Halaman Gedung Dakwah pada Pukul 13.00 WIB untuk persiapan Konvoi''. Jon menambahkan ''rute yang akan ditempuh yaitu dari Jl. K.H. Ahmad Dahlan menuju Jl. Tuanku Tambusai lanjut ke Jl. Sudirman dan selanjutnya berkumpul dengan massa aksi lainnya''.

''Bismillah, persiapan kita sudah matang dan mudah-mudahan aksi ini akan berjalan tertib damai,'' tutup Jon. (rls)