PEKANBARU - Kapolda Riau, Irjen Zulkarnain, Rabu (4/1/2017) pagi, resmi melantik posisi Direktur Sabhara Polda Riau yang baru, Kombes Zulkifli, menggantikan Kombes Tumpal Manik yang memasuki masa pensiun.

Zulkifli sendiri pada jabatan terakhirnya sempat ditunjuk sebagai Kepala BNNP Lampung. Di sana ia menjabat selama empat tahun. Dia pun sebetulnya bukan orang baru di Polda Riau, karena pernah berdinas di sini cukup lama.

Data yang dirangkum GoRiau.com, Kombes Zulkifli sempat menjadi Kapolres Kuansing tahun 2003 silam. Setelahnya ia ditunjuk menjadi Kabid Humas Polda Riau dimasa empat Kapolda, antara lain Suciptadi, Dedi Kamaruddin, Hadiyatmoko hingga Ito Sumardi.

"Kita harapkan ke depan agar soliditas dalam Direktorat Sabhara dipertahankan, dikembangkan dan dibangun. Karena Sabhara tugasnya dekat dengan masyarakat," sebut Kapolda Riau, Irjen Zulkarnain, usai pelantikan di aula Bengkalis, SPN Pekanbaru.

Terpisah, Kombes Zulkifli yang juga pernah menjabat sebagai Direktur Reserse Narkoba Polda Kaltim mengatakan, akan berupaya maksimal untuk meningkatkan potensi di jajarannya, terutama dalam hal kinerja.

"Apalagi sebentar lagi akan ada Pilkada di beberapa daerah di Riau, ini harus jadi perhatian kita, terutama di Sabhara. Apa yang sudah ada kita tingkatkan lagi," jawab Zulkifli saat diwawancarai GoRiau.com (GoNews Group).

Usai pelantikan, Kombes Tumpal Manik pun dilepas dengan tradisi Pedang Pora. Tradisi ini disambut tangis haru dari sejumlah rekan dan bawahannya. Terlihat pula Tumpal Manik mengucurkan air mata. ***