JAKARTA - Menjadi seorang karyawan sangat identik dengan memiliki penghasilan setiap bulannya. Meskipun demikian, kebutuhan hidup yang semakin hari semakin tinggi membuat seseorang susah untuk menyisihkan sebagian penghasilannya untuk ditabung. Kebutuhan dana mendesak dalam jumlah besar dapat pula muncul setiap saat.

Seorang karyawan yang hanya memiliki sedikit tabungan, sering kali kebingungan dalam menghadapi kebutuhan mendesak tersebut. Jalan keluar yang sering ditempuh adalah dengan berhutang/meminjam uang.

Kurangnya pengetahuan akan kemudahan mendapatkan dana dalam waktu yang relatif singkat membuat seseorang sering kali lebih memilih meminjam dana pada rentenir. Padahal dengan meminjam uang pada rentenir, bunga yang dibebankan pada peminjam relatif lebih tinggi dibandingkan meminjam di bank.

Kredit tanpa anggunan (KTA) merupakan salah satu produk kredit yang memberikan fasilitas kredit dengan suku bunga yang relatif kecil. Syarat pengajuannya juga lumayan mudah, jangka waktu lamanya cicilan juga bebas kita yang menentukan.

Berikut ini adalah beberapa alasan dan keuntungan yang akan kita dapatkan jika kita mengajukan KTA ketika kita bekerja sebagai karyawan  :

1. Karyawan berpenghasilan tetap

Salah satu ciri seorang karyawan adalah memiliki penghasilan/pendapatan yang tetap setiap bulannya. Meski mungkin pendapatan kita pas-pasan. Salah satu syarat utama mengajukan KTA adalah memiliki sumber penghasilan tetap.

Untuk daerah jabodetabek minimal pendapatan yang dipakai untuk mengajukan KTA adalah tiga juta rupiah, sedangkan untuk daerah diluar jabodetabek tentunya lebih kecil nominalnya. Tidak heran bila banyak orang yang melakukan pengajuan KTA Bank BCA karena selain merupakan salah satu bank dengan nasabah terbanyak di Indonesia, BCA juga memberikan syarat penghasilan yang cukup rendah untuk pengajuan produk KTA milik mereka.

2. Tidak memerlukan anggunan/jaminan

Seperti namanya, kredit tanpa anggunan. KTA memang suatu produk kredit yang tidak memerlukan jaminan sama sekali. KTA sangat cocok bagi para karyawan yang masa kerjanya kurang dari tiga tahun dan mungkin memang belum mempunyai asset surat berharga atau mobil yang dapat dijadikan anggunan pinjaman.

Karena tanpa menggunakan anggunan, tidak mengherankan pula bukan jika nominal kredit yang dikucurkan perbankan nominalnya tidak begitu besar. Meski demikian, di beberapa instansi penyedia produk KTA ada pula yang dapat memberikan dana pinjaman KTA hingga ratusan juta rupiah.

Beberapa situs online yang dapat membantu pengajuan KTA, memiliki fasilitas menampilkan perbandingan  berbagai informasi KTA dari beberapa bank. Informasi tersebut meliputi nama bank penyedia KTA, besarnya dana KTA yang siap dikucurkan bank, besarnya suku bunga pinjaman KTA, serta lamanya tempo cicilan KTA yang dapat kita pilih.

Salah satu contoh kredit KTA yang dikeluarkan oleh salah satu bank adalah besarnya produk KTA yang bersedia dikucurkan dananya kepada calon debitornya hingga 250 juta rupiah. Batas waktu tempo pelunasan KTA tersebut maksimal 60 bulan dengan tingkat suku bunga flat sebesar 0,99%.

3. Keinginan untuk berhenti bekerja dan mendirikan usaha sendiri

Jika anda masih berstatus sebagai karyawan, maka anda akan memperoleh beberapa keuntungan dari fasilitas KTA. Bank biasanya mempunyai ketentuan dimana suku bunga KTA yang diajukan oleh karyawan lebih rendah dibandingkan dengan KTA yang diajukan oleh seorang wirausaha. 

Salah satu bank menetapkan suku bunga berkisar 1,6% untuk KTA yang diajukan oleh karyawan dan 1,8% untuk KTA yang diajukan seorang wirausaha. Selisihnya suku bunga yang ditetapkan memang tak terlampau besar juga, tetapi jika suku bunga tersebut dikalikan dengan nilai dana KTA yang dipinjam dalam jumlah besar maka akan menghasilkan nominal dana yang relatif besar juga.

Beberapa bank juga menerapkan suku bunga yang jauh lebih rendah jika debitor yang hendak mengajukan permohonan KTA juga seorang nasabah di bank tersebut. Salah satu bank memiliki ketentuan suku bunga KTA yang diajukan oleh nasabahnya sendiri yang bekerja sebagai karyawan sebesar 0.99% dan suku bunga yang diajukan wiraswasta sekitar 1,69%. Contohnya bila Anda adalah karyawan dan gaji Anda dibayar melalui rekening bank CIMB Niaga, maka Anda bisa lebih mudah melakukan pengajuan KTA CIMB Niaga Xtra Dana dengan bunga yang lebih rendah.

Kepemilikan kartu kredit sangat berperan besar dalam mengajuan KTA. Dari kepemilikan kartu kredit, seseorang dapat dengan mudah dinilai baik atau tidak riwayat pembayaran kredit yang dilakukan setiap bulannya. Hal tersebut akan digunakan oleh pihak bank sebagai bahan pertimbangan meloloskan KTA yang diajukan. ***