KARIMUN - Pemkab Karimun menjadi pionir penerapan Simda di kawasan Provinsi Kepulauan Riau. Guna mendukung terwujudnya Good Corporate Governace (GCG) dalam penyelenggaraan otonomi daerah terutama dalam pengelolaan keuangan daerah, Pemerintah Kabupaten Karimun membuat langkah maju dengan menandatangani kerjasama dengan Bank Riau Kepri. Kerjasama yang berisi tentang sistem aplikasi  berbasis IT dalam pengelolaan keuangan khususnya terkait pengeluaran.

Kerjasama tersebut dilaksanakan di Rumah Dinas Bupati Karimun Aunur Rafiq pada Kamis (11/08). Penandatanganan dilakukan oleh Kepala BPKP Provinsi Kepulauan Riau Panijo, Ak, MM dan Direktur Utama Bank Riau Kepri DR. Irvandi Gustari dan dihadiri oleh seluruh Kepala SKPD Pemeirntah Kabupaten Karimun.

Aplikasi yang disebut Simda (Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah) diharapkan bisa mempermudah komunikasi antara Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), sehingga SIMDA juga berfungsi mempermudah jalinan komunikasi antara SKPD dengan DPPKAD sebagai Satuan Kerja Pengelola Keuangan Daerah (SKPKD).

Bupati Karimun Ainur Rafiq mengatakan langkah tersebut sebagai wujud rekonsiliasi dari sistem pengelolaan keuangan yang akuntabel dan transparan. ''Ini yang pertama di Kepri dan Riau. Tujuannya agar pengeluaran keuangan kita bisa dikontrol dengan cepat. Nanti SKPD-SKPD yang akan melakukan pencairan dengan aplikasi ini semakin cepat''.

Dengan Simda Bupati mengatakan memudahkan dalam mengetahui kondisi kondisi kas daerah berapa, tinggal membuka aplikasi maka akan kelihatan tanpa perlu datang ke Bank Riau Kepri dan dapat dilihat secara online dan realtime. Namun tentu saja aplikasi tersebut tidak bisa sembarangan diakses oleh publik, namun tentu saja tetap transparan dan tidak ditutupi apabila masyarakat mau mengetahui realisasi penyerapan anggaran yang telah terealisasi.

Bupati Karimun berharap dengan adanya Simda akan meningkatkan kinerja serta profesionalisme pegawai dan dapat memudahkan BPKP Kepri dalam mengawasi keuangan Pemkab Karimun. Kedepannya juga akan dibuat lagi sistem pengawasan untuk penerimaan pendapatan daerah.

Direktur Utama Bank Riau Kepri DR. Irvandi Gustari usai acara merasa bangga dengan terealisasi kerjasama yang pertama di Provinsi Kepulauan Riau dan bisa menjadi percontohan bagi Pemerintahan Kabupaten yang lain. Selain itu kerjasama ini merupakan bentuk tanggung jawab Bank Riau Kepri selaku pemegang kas daerah di Provinsi Kepulauan Riau dan Provinsi Riau.

Irvandi juga berharap penerapan SIMDA juga segera dapat terealisiri di semua Pemkab/ Pemko di Provinsi Riau. Menurut Irvandi, teknologi BRK sangat mumpuni untuk mendukung kegiatan online dan sinkronisasi dengan setiap SKPD.

Pada penutup sambutan, Irvandi menyampaikan terimakasih pada Bupati Karimun dan Kepala BPKP Provinsi Kepulauan Riau atas suksesnya koordinasi kerja dalam mewujudkan SIMDA di Kabupaten Karimun tersebut dan juga Irvandi berterimakasih kepada tim intenal di BRK yang telah sungguh-sungguh mendukung kesukesesan implementasi SIMDA tersebut yaitu: Divisi IT, Divisi Produk dan Jasa dan Divisi Operasional serta Direktorat Dana & Jasa. ***