DUMAI - Lion Air melalui PT Lion Mentari Airlines beroperasi sebagai maskapai penerbangan bertarif rendah yang berpangkalan pusat di Jakarta, Indonesia. Lion Air dikabarkan akan membuka rute baru, yaitu Pekanbaru-Dumai, Dumai-Medan, dan Dumai-Batam.

Berdasarkan informasi yang dirangkum GoRiau.com dari Dinas Perhubungan Kota Dumai, maskapai yang memiliki anak perusahaan Wings Air, Batik Air, Malindo Air, Lion Bizjet, dan Thai Lion Air, sudah empat kali mengajukan slot time ke Kementerian Perhubungan RI melalui Ditjen Perhubungan Udara.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia nomor 13 tahun 2015, slot time merupakan alokasi ketersediaan waktu terbang di bandar udara pada Bab I Pasal I ayat (1).

Pesawat yang melayani nantinya jenis ATR 72-500 dari Wings Air. Pesawat ini memiliki kapasitas sekitar 70 kursi (penumpang dan kru). Tinggi terbang dari Pekanbaru-Dumai 11.000 kaki-12.000 kaki, dengan waktu tempuh 20 menit sampai 25 menit.

Sedangkan dari Dumai-Medan dan Dumai Batam, tinggi terbang 15.000 kaki-18.000 kaki, dengan wakti tempuh sekitar 50 menit.

Namun hingga saat ini belum ada kepastian kapan pesawat Wings Air melayani rute penerbangan tersebut.

Kepala UPT Bandar Udara Pinang Kampai Kota Dumai, Catur Hargowo saat dikonfirmasi GoRiau.com, terkait masuknya maskapai lain selain Transnusa, membenarkan Lion Air akan masuk ke Dumai.

"Ada rencana, tapi belum dikonfirmasi (Lion Air, red) ulang," jelas Catur singkat saat dihubungi. Sementara pihak Lion Air, sendiri belum bisa dimintai keterangannya terkait rute tersebut. ***