DURI - Operasi Lilin Siak 2017 akan dimulai pada H-7 sebelum perayaan Hari Natal. Demi kenyamanan pengendara yang melakukan mudik, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Riau mulai melakukan pemantauan kondisi jalan di Jalur Lintas Riau - Sumatera.

Dalam giat yang berlangsung, Selasa pagi (21/11/2017) tadi, rombongan Ditlantas Polda Riau yang dipimpin Kasubbid Dikyasa, AKBP Elvanis, meninjau sejumlah titik rawan kecelakaan di wilayah Polres Bengkalis.

"Apa yang menjadi temuan kita di lapangan hari ini akan sama-sama kita (Polisi, red) diskusikan dengan dinas terkait, yakni Dinas PU dan Perhubungan yang juga turun bersama kita dalam survei ini," kata AKBP Elvanis kepada GoRiau.com.

Ditegaskannya juga, dinas terkait seperti Dinas PU harus segera melakukan perbaikan jalan-jalan yang rusak khususnya di Jalan Lintas Pekanbaru - Duri. Begitu juga dengan rambu-rambu jalan yang belum ada harus dilengkapi oleh Dinas Perhubungan.

"Sebelum H-7 Natal nanti atau tepatnya awal Operasi Lilin 2017, tambal sulam Jalan di jalur lintas Riau - Sumatera ini harus sudah selesai alias tuntas. Instansi terkait diharapkan segera melakukan perbaikan jalan-jalan yang berlobang ini," kata Elvanis lagi.

Bukan memuji kondisi Jalan di kampung halamannya Sumatera Barat, AKBP Elvanis mengakui bagusnya kualitas jalan di Sumatera Barat memang jauh dibandingkan jalan di Riau. Jika jalan di Riau sebagus itu akan membuat pengguna jalan nyaman dan meminimalisir terjadi kecelakaan lalu lintas.

"Maka dari itu, kepolisian turun bersama pihak terkait dari pemerintahan daerah untuk meninjau prasarana dan kelengkapan di jalan lintas ini. Kecelakaan lalu lintas yang terjadi akibat jalan rusak juga masih banyak. Jadi apa temuan di lapangan, kita diskusikan dan akan diteruskan ke pusat agar ditindaklanjuti oleh Dinas PU dan Dinas Perhubungan," tandasnya lagi.

Ditlantas Polda Riau melalukan survei di Jalan Lintas Duri - Pekanbaru wilayah Kabupaten Bengkalis didampingi KBO Satlantas Polres Bengkalis, Iptu Zainal didampingi staf Dinas PU Bengkalis dan Kepala UPT Perhubungan Mandau. ***