BENGKALIS, GORIAU.COM - Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh kembali mengingatkan PNS jajaran Pemkab Bengkalis untuk meningkatkan disiplin dan kinerja. Tren yang terlihat sekarang disiplin dan kinerja PNS menurun. Hal ini tak harus terjadi jika PNS tahu akan kewajibannya.


Hal itu diutarakan Bupati saat meresmikan lima kantor SKPD yang terletak di Jalan Pertanian Bengkalis, Senin (11/2/2013). Lima kantor yang diresmikan itu adalah Dinas Binamarga dan Pengairan, Dinas Perkebunan dan Kehutanan,Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan KB serta Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi (BPAD). Peresmian dipusatkan di halaman kantor BPAD.


Menurut Bupati, Pemkab Bengkalis terus berupaya meningkatkan kesejahteraan pegawai baik berupa insentif dan lainnya. Apa yang sudah dilakukan pemerintah tersebut harusnya dibarengi dengan peningkatan kinerja bukan malah sebaliknya. Menuntut hak tapi melalaikan kewajiban.


Bupati mengungkapkan kekecewaannya dimana setiap akan ada libur, roro penyeberangan penuh sesak. PNS berbondong-bondong berangkat ke luar kota. Padahal kata Herliyan tak seharusnya hal seperti itu yang dipertontonkan kepada masyarakat.


"Sebagai PNS banyak hal yang membuat kita jadi penilaian masyarakat. Jangan lihatkan contoh yang kurang baik seperti itu. Kondisi yang ada sekarang disiplin dan kinerja makin menurun. Kalau sudah akan ada hari libur, PNS berbondong-bomdong berangkat ke luar kota," ujarnya.


Penekanan peningkatan disiplin masuk kantor dan peningkatan kinerja jelasnya lagi perlu dilakukan karena sudah masuk tahun ketiga kepemimpinannya, apa yang diharapkan masih jauh dari harapan. "Saya minta kepala SKPD untuk melakukan evaluasi kinerja dan disiplin bawahannya. Umtuk kemudian berikan sangsi bagi yang tak taati autran.Kalau itu tak dilakukan kepala SKPD juga akan kena sanksi," ucap Bupati.


Ia juga mengungkapkan kekecewaannya karena hingga kini belum separuh dari SKPD yang ada menyerahkan laporan akhir tahunnya. "Apa perlu inspektorat saya minta untuk melayangkan surat peringatan," ancam Bupati.


Sehubungan dengan peresmian lima kantor yang megah-megah tersebut, bupati juga meminta untuk dapat menata kantor tersebut sehingga menjadi tempat yang nyaman untuk melaksanakan tugas sehari-hari. Dan juga jadi penekanan bupati pegawai untuk tidak merokok di ruangan. "Kalau saya sidak memang tak terlihat satupun pegawai yang merokok, namun puntung rokok ada di ruangan kerja. Itu bukti pegawai merokok di ruang kerja, padahal ruangan sudah dilengkapi.dengan AC," tutupnya. (jfk)