SELATPANJANG - Yayasan Sosial Umat Beragama Budha (YSUBB) bekerjasama dengan Yayasan Sosial Vihara Sejahtera Sakti ( YSVSS) ikut andil dalam membantu meringankan beban pemerintah.

Kedua yayasan itu ikut ambil bagian dengan menyalurkan sebanyak 1.500 paket sembako kepada masyarakat Kepulauan Meranti yang terdampak pandemi virus Corona atau Covid-19.

Penyaluran bantuan kepada 11 lokasi di Kecamatan Tebingtinggi Kepulauan Meranti itu dilaksanakan pada Senin (18/5/2020), dengan rincian Selatpanjang Selatan 180 paket, Selatpanjang Barat 164 paket, Selatpanjang Timur 209, Selatpanjang Kota 182 paket, Desa Banglas 49 paket, Banglas Barat 56 paket, Alahair 52 paket, Alahair Timur 48 paket, dan Desa Sesap 30, serta Satpol PP 200 paket dan Kantor Camat 30 paket.

Sebagaimana diungkapkan Ketua Yayasan Sosial Umat Beragama Budha (YSUBB), Jusman bahwa dengan sibuknya virus Corona yang melanda diberbagai belahan Negara Eropa hingga Asia bahkan juga sampai ke Provinsi hingga daerah-daerah, namum  tidak ada alasan untuk tidak peduli dan berbagi kepada sesama, khususnya masyarakat yang layak membutuhkan.

"Penyaluran paket sembako ini merupakan bentuk dari rasa kepedulian kita terhadap sesama. Dengan kondisi ekonomi masyarakat yang semakin terpuruk akibat pandemi virus Corona ini tentu menjadi perhatian kita terhadap saudara-saudara kita yang membutuhkan," ujarnya.

Hal senada juga diutarakan Wakil Ketua Yayasan Sosial Vihara Sejahtera Sakti ( YSVSS), Suwardi yang berharap agar bantuan tersebut bisa membantu meringankan beban msyarakat yang terdampak Covid-19.

"Mudah-mudahan bantuan ini bisa tepat sasaran sehingga bisa membantu saudara-saudara kita yang betul-betul membutuhkan. Marilah kita sama berdoa semoga Virus Corona (Covid-19) cepat berakhir," ajaknya.

Sementara itu Camat Tebingtinggi, Rayan Pribadi SH menyebutkan bahwa pihaknya akan menyalurkan bantuan tersebut sesuai dengan kebutuhan dan teknis di lapangan terhadap yang layak menerima bantuan sehingga tidak terjadi tumpang tindih.

"Pertemuan pasca penyaluran yang sudah kita dilakukan sesuai kesepakatan bersama kita mendapatkan wewenang dari YSUBB dan YSVSS untuk menyalurkan sebanyak 1200 paket," ujarnya.

Kemudian, kata Rayan, hasil konsultasi dengan pimpinan yakni Bupati Kepulauan Meranti dalam rangka meningkatkan kepedulian etos kerja mengingat seluruh masyarakat sebagian besar sudah mendapatkan bantuan baik dari bantuan kemensos, provinsi, pemerintah daerah, BLT Desa maupun dari Baznas.

"Penyaluran ini sasaran harus berbeda jangan sampai tumpang tindih, yang sudah mendapatkan bantuan tentu sebaiknya dipastikan tidak mendapatkan bantuan sehingga tidak terjadi tumpang tindih," katanya.

Kemudian, atas nama pemerintah daerah mengucapkan terimakasih kepada pihak yayasan yang sangat peduli dengan masyarakat terdampak Covid-19.

"Apa dan siapa saja yang telah bersedia membantu masyarakat pada saat ini kami mendoakan semoga kita dimudahkan semua urusan kita dan semua usaha yang kita lakukan bisa berjalan dengan lancar," ungkapnya.

Untuk diketahui, masing-masing yayasan tersebut menyumbang 150 paket sembako untuk satu kelurahan, jadi 300 paket dari dua yayasan untuk 4 kelurahan, dan 300 paket sembako juga akan disalurkan Vihara Vatria Darma sehingga dengan total keseluruhan sebanyak 1.500.

Adapun isi paket berupa, Beras 10 kg, Gula Pasir 2 kg, Tepung Gandum 2 kg, dan Minyak Goreng 2 liter. ***