PEKANBARU - Warga Kota Pekanbaru, Riau, hari ini banyak yang mengeluhkan tidak bisa mengirim foto atau video melalui aplikasi pesan Whatsapp. Meskioun jaringan internet pada smartphone warga 4G, namun pengiriman foto dan video tidak berhasil.

Iksan menceritakan kepada GoRiau.com, Kamis (14/3/2019) pagi, saat dirinya sedang kumpul di kedai kopi bersama rekan-rekannya. Saat akan mengirim foto gelas yang terisi kopi ke grup sekolahnya melalui aplikasi Whatsapp tidak terkirim-kirim.

"Dari tafi coba lagi, coba lagi. Padahal jaringan internet 4G. Kalau chatting melalui Whatsapp bisa. Hanya kirim foto dan video yang tidak bisa," kata Iksan saat di Kedai Kopi Kimteng, Pekanbaru.

Sedangkan Rahmi salah seorang mahasiswi di Pekanbaru, juga mengalami hal yang sama. Bahkan dirinya tidak bisa mengirim foto dan video kegiatan kampus untuk dilaporkan ke bagian rektorat.

"Jangankan kirim foto dan video, kita kirim dokumen saja melalui Whatsapp tidak bisa," ungkap Rahmi.

Hal senada juga dirasakan sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkup Pemerintah Provinsi Riau. Kejadian ini diceritakan ASN di Kantor Gubernur Riau, sejak pukul 06.00 WIB. Ketika mengirim laporan berupa foto tidak mau terkirim juga.

Anto mengatakan kepada GoRiau.com, kejadian ini apakah mungkin karena kejadian yang menimpa Facebook dan Instagram kemarin.

"Kalau kemarin yang error sampai sekarang Facebook dan Instagram. Apakah ini buntut permaslahan keduanya, sehingga menimpa Whatsapp juga. Ini juga sangat aneh, kok bisa Whatsapp sampai error," jelas Anto.

Hingga kini, belum ada keterangan resmi dari pihak Whatsaap atas kejadian ini. ***