PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Nasution saat memimpin apel pagi di Markas Praja Wibawa Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Riau, Jalan Letkol Hasan Basri, Pekanbaru, Senin (11/3/2019), menyampaikan dalam waktu dekat akan melakukan penertiban tempat hiburan malam dan warnet di Riau.

Diungkapkan Edy Nasution, Surat Edaran Gubernur Riau Nomor: 300/Pol PP/II/366, perihal Ketentraman dan Ketertiban Umum di Wilayah Provinsi Riau. Surat edaran Gubernur Riau yang ditandatangani Syamsuar 25 Februari 2019 untuk menghimbau bupati/walikota.

"Dalam waktu dekat kita akan melaksanakan penertiban terhadap hiburan malam dan warnet, yang sekarang ini menjamur hampir semua kota di Riau," kata Edy Nasution kepada GoRiau.com.

Edy Nasution sangat prihatin melihat kondisi warnet yang buka 24 jam. Hal ini tentunya sudah melanggar aturan yang berlaku sesuai dengan perda yang ada. Warnet yang buka setiap hari 24 jam kenapa harus dibiarkan begitu saja.

Ads
"Karena saya yakin, tidak ada aturan yang membenarkan warnet buka hingga 24 jam. Saya pun bertanya kenapa ini bisa terjadi tanpa ada tindakan apapun. Seakan-akan dibiarkan begitu saja," ungkap Edy Nasution

Begitu juga hiburan malam, menurut Edy Nasution, yang diterapkan apa yang sudah menjadi ketentuan atau aturan. Bukan hal-hal yang baru.

"Kalau memang hiburan malam buka sampai pukul 00.00 WIB, ya sampai waktu yang ditentukan itulah buka. Kalau pun aturannya sampai pukul 22.00 WIB, ya sampai jam itulah operasuonalnya. Bukan menabrak aturan," jelas Edy Nasution.

Menurut Edy Nasution, ini harus bisa dilaksanakan dengan penuh tanggungawab. Bagaimana bisa kita melaksanakan itu, bersih dulu dari diri sendiri. Agar tidak ada beban.

Satpol PP dianalogikan sebagai alat yang ada dalan Pemerintah Provinsi Riau untuk membantu pimpinan dalam membersihkan hal-hal yang kotor.

"Bagaimana kalau alat itu kotor bisa membantu pimpinan membersihkan hal yang kotor," tegas Edy Nasution.

Edy Nasution sudah melaporkan hal ini kepada Gubernur Riau Syamsuar dan juga sudah membahas hal ini kepada Walikota Pekanbaru Firdaus. Walikota sangat mendukung upaya penertiban hiburan malam dan warnet.

"Saya sudah sampaikan kepada Walikota Pekanbaru akan dilakukan penertiban hiburan malam dan warnet. Walikota sangat mendukung dan meminta saya memipin langsung," jelas Edy Nasution. ***