JAMBI -- Seekor induk sapi menyusui dan mengasuh anak babi sejak beberapa bulan lalu. Peristiwa unik tersebut terjadi di Desa Petaling, Kecamatan Sungaigelam, Kabupaten Muarojambi, Jambi.

Dikutip dari Kompas.com, pemilik sapi betina berbobot hampir 200 kilogram yang merawat anak babi itu adalah Samadi, warga Desa Petaling.Lelaki paruh baya yang beternak sapi kecil-kecilan itu mulanya sempat khawatir tanamannya akan dimakan babi yang dirawat induk sapi miliknya.

''Awalnya anak babi itu ada dua. Saya tembak satu, mati. Yang hidup sekarang sudah ditembak tiga kali, enggak mati-mati,'' kata Samadi melalui sambungan telepon, Senin (9/11/2020).

Saat ini umur anak babi yang dirawat induk sapi milik Samadi sudah enam bulan. Muncul rasa kasihan Samadi terhadap babi itu, hingga dia membiarkan induk sapinya terus merawat anak babi tersebut.

Dituturkan Samadi, sapinya terlihat senang dengan keberadaan anak babi di sisinya. Mereka senantiasa bermain bersama. Induk sapi pun tampak senang menyusui anak angkatnya berbeda jenis itu.

''Kalau tidur, anak babinya berada di bawah sapi. Sapi itu mau menyusui. Padahal, ada enam sapi saya. Tapi, anak babi itu maunya ikut induk sapi,'' ujar Samadi.

Menurut dia, perjumpaan kedua hewan beda jenis ini berawal dari induk sapi yang tampak murung karena kehilangan anaknya.

Sementara anak babi kehilangan induknya karena mati ditembak tetangga Samadi di pinggir kebun miliknya.

Ketika induk sapi dan anak babi itu bertemu, keduanya langsung saling menyayangi.

Induk sapi yang sempat tidak mau makan kini menjadi rajin makan dan bergerak.

Hubungan antara induk sapi dan anak babi itu sudah sangat erat. Terbukti, saat ada anjing yang menggangu anak babi, induk sapi langsung marah dan mengejar anjing.

''Kalau ada anjing yang mengganggu anak babi itu, induk sapi marah. Dia bela. Anjing itu habis dikejar-kejar,'' kata Samadi lagi.

Makan Rumput

Adanya hubungan erat hewan berbeda jenis dalam kandangnya, membuat Samadi merasa iba. Samadi lalu memperlakukan sama keduanya. Setiap pagi, induk sapi dan anak babi dikeluarkan dan diberi makan. Ketika sore kembali dimasukkan ke kandang.

Anehnya, anak babi itu sekarang sudah mengikuti induknya. Dia memakan rumput juga.

''Anak babi itu benar-benar makan rumput. Saya heran juga, kok bisa ikut kebiasaan sapi,'' kata Samadi.

Jadi Tontonan Warga

Cerita induk sapi yang merawat anak babi ini sudah menyebar. Banyak warga dari kota dan desa tetangga berdatangan karena penasaran.

''Mereka mau lihat langsung. Bagaimana hubungan induk sapi dan anak babi. Ya, mereka bermain seperti biasa,'' terang Samadi.

Banyaknya warga yang datang berkunjung ke rumah Samadi untuk melihat anak babi dan induk sapi, namun tidak dimanfaatkan Samadi mencari keuntungan.

Semua orang boleh melihat, memfoto, dan membuat video. Semuanya gratis dan tidak dipungut bayaran.

''Enggak ada yang istimewa. Semua kan kuasa Tuhan. Tapi, memang rumah saya ramai, dikunjungi banyak orang,'' tutur Samadi.

Samadi mengatakan akan terus memelihara kedua hewan itu.***