PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau menggelar pertemuan Dinas Pendidikan guna mempersiapkan diri dalam menghadapi Pemilu 2024 mendatang, terutama untuk kalangan pemilih pemula.

Pertemuan itu dilaksanakan Selasa pagi (21/9/2021), diwakili oleh Komisioner Divisi Program dan Data, Abdul Rahman, Komisioner Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih, Nugroho Noto Susanto, serta jajaran staf KPU Riau. Rombongan KPU disambut langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan, Zul Ikram berserta jajarannya.

Nugroho mengatakan, agenda utama audiensi KPU Riau ini dalam rangka untuk memperoleh dukungan kelembagaan dari Dinas Pendidikan terkait pemutakhiran data pemilih berkelanjutan khususnya untuk pemilih pemula.

Selain itu, kunjungan tersebut berkaitan dengan rancang bangun Pendidikan Pemilih khusus pemilih pemula yang berusia 16-17 tahun. Upaya KPU Riau ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas partisipasi pemilih pada Pemilu dan Pemilihan 2024 mendatang.

"Dengan makin berkualitasnya data pemilih, di antaranya ditandai dengan akurasi data pemilih, tentu akan berdampak positif pada tingginya partisipasi pemilih. Untuk menambah kualitas partisipasi pemilih tersebut, maka KPU menggandeng Dinas Pendidikan KPU Riau untuk menjalin kerjasama berupa Pendidikan Pemilih atau Pendidikan demokrasi," ujar Nugroho.

Dengan begitu, kata pria yang akrab disapa Nugie ini, pemilih pemula memiliki bekal yang cukup untuk mengikuti momentum awal atau perdana dalam helat pemilu dan pemilihan 2024 nanti.

Atas subtansi kunjungan yang disampaikan KPU Riau tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Zul Ikram, menyambut baik niat dan hajat KPU Riau. Zul Ikram secara cepat dan responsif langsung meminta koordinasi dengan Kepala Bidang Data, Kepala Bidang SMA, dan Kepala Bidang Vokasi untuk menindaklanjuti usulan program KPU Riau tersebut.

"Dengan keramahan dan kesigapan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, pertemuan audiensi terasa sangat bermanfaat meski dengan waktu yang singkat," tutupnya. ***