SELATPANJANG - Untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan bagi fotographer dan tim dokumentasi di kecamatan, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kepulauan Meranti menggelar workshop fotografi, bertempat di Aka Hotel Selatpanjang, Senin (11/3/2019) malam.

Asisten I, Sekretariat Daerah (Setda) Kepulauan Meranti, Syamsudin SH MH mengatakan, di era globalisasi ini perlunya peningkatan kapasitas dan kemampuan fotographer yang ada di Kepulauan Meranti. Dimana para fotographer perlu menguasai dasar-dasar fotografi dan dapat mengaplikasikannya secara maksimal.

"Dalam workshop ini peserta diharapkan bisa mendengar penjelasan dari narasumber, agar bisa mengaplikasikan dasar atau teknik memfokus, mengatur ketebalan lensa dan langsung dilakukan praktek di lapangan. Karena fotografi ini mahal, ia juga bisa disebut hobi yang dibayar," kata Syamsudin.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Rizki Hidayat SSTP. Dia mengatakan berkembangnya seni fotografi di Kepulauan Meranti bisa meningkatkan ekonomi.

"Berkembangnya dunia fotografi bisa meningkatkan perekonomian. Dimana dengan lahirnya para fotografer yang handal, kami harapkan muncul usaha fotografi baru di setiap kecamatan," kata Rizki Hidayat.

Selain itu tujuan dari kegiatan tersebut diharapkan para peserta bisa memahami konseptualisasi fotografi menguasai teknik-teknik dasar fotografi, komposisi foto dan teknik pemotretan. 

"Kalau kita lihat dari sisi ekonomi kreatifnya ini bisa untuk peningkatan ekonomi, sedangkan dari sisi pariwisata ini bisa dijadikan promosi," kata Rizki.

Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 18 peserta. Masing- masing kecamatan mengirim dua orang peserta. Satu orang fotografer disiapkan untuk membuka usaha, dan satu orang lainnya dipersiapkan untuk fotografer arsip kegiatan kecamatan.

Dalam workshop tersebut turut hadir sebagai narasumber fotographer profesional Arianto Silalahi dan Fauzan. Selain itu juga tampak hadir Sekretaris Disparpora, Tengku Arifin, Kepala Bidang Ekonomi Kreatif, Aziz Efendi, dan Kepala Kesbangpol, Tasrizal Harahap.***